Kemkominfo Gelar Festival Desa TIK 2017 di Pemalang

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 21 November 2017 | 14:21 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 676


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar Fesitival Desa TIK (Destika) ke-5 Tahun 2017, yang di mulai 21-23 November 2017 di Lapangan Turongo Seta Desa Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah.

Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ditjen Aptika Septriana Tangkary menjelaskan Festival Destika yang dibuka Dirjen APTIKA Kemkominfo Semuel A Pangerapan ini, dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas program kerja antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah Desa dan Relawan Pemberdayaan desa-desa yang berbasis TIK, sesuai dengan dengan Tema DesTIKa 2017.

"Sudah saatnya Desa-desa mulai bangkit bekerja sesuai Nawacita, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ujarnya.

Menurutnya, desa bukan hanya menjadi obyek pembangunan tetapi harus menjadi subyek pembangunan. Desa diharapkan terlibat di dalam pembangunan bangsa, karena desa adalah bentuk pemerintahan terkecil yang ada dalam negara. Desa juga harus mandiri dalam segala hal termasuk pengelolaan potensi desa, perencanaan pembangunan desa, dan pelayanan masyarakat desa dengan memanfaatkan TIK.

"Festival Desa TIK 2017 diharapkan menjadi titik kebangkitan desa-desa menjadi jalan perubahan untuk Indonesia yang  berdaulat, mandiri dan berkepribadian," tuturnya.

Septrianan mengungkapkan, Menteri Desa PDT akan hadir Rabu (22/11), dan Menteri akan memberikan edukasi kepada masyarakat Desa di panggung utama di Lapangan Turonggo Seto Desa Pulosari, dengan peserta perangkat desa,  petani, nelayan, siswa,mahasiswa, unsur Pemda dan masyarakat.

Sementara rangkaian Destika 2017, Septriana mengungkapkan, dilakukan kegiatan Workshop  dengan berbagai materi menarik seputar isu pedesaan yang tersebar di beberapa desa dan akan berjalan secara pararel. Sedangkan program prioritas Ditjen APTIKA akan mengisi seminar dan workshop, di antaranya program Petani, Nelayan, termasuk 48 Stand UMKM akan ikut serta mensukseskan Program Petani Go Online, nelayan Go Online, dan  UMKM Go Online Kominfo.

Festival Destika juga dibarengi dengan Festival Wong Gunung, sebuah festival mengangkat isu tentang budaya dan  kearifan lokal yang akan didorong dgn pemanfaatan teknologi. Menghadirkan narasumber Seperti Sujiwo Tedjo, personil Slank dan pembicara kondang lainya.

"Kami berharap kepada teman-teman media untuk ikut mengabarkan Festival DesTIKa 2017 agar desa ikut berperan aktif, bersuara untuk Indonesia yang lebih baik," katanya.