Water.org Gelar Edukasi Sanitasi Untuk Peringati Hari Jamban Sedunia

:


Oleh MC Kabupaten Bojonegoro, Senin, 20 November 2017 | 11:52 WIB - Redaktur: Tobari - 921


Bojonegoro, InfoPublik - Peringatan World Toilet Day atau Hari Jamban Sedunia jatuh pada 19 November. Di Kabupaten Bojonegoro, Hari Toilet sedunia diperingati oleh water.org dengan menggelar pelatihan edukasi sanitasi, yang diikuti oleh beberapa jurnalis dan blogger dari Kabupaten Bojonegoro, Surabaya, dan Malang.

Water.org merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada akses air bersih dan sanitasi atau pola hidup bersih. Untuk mendorong peningkatan sanitasi di Indonesia, water.org menggandeng Komida (Koperasi Mitra Dhuafa) yang memberikan kredit khusus untuk pembangunan jamban serta alat akses air bersih di pedesaan.

Andi Musfarayani, Advocacy Manager water.org, menjelaskan, Kabupaten Bojonegoro dipilih menjadi lokasi kunjungan dan pelatihan lantaran saat ini, pihaknya bekerjasama dengan Komida yang juga ada di Kabupaten Bojonegoro.

"Di Kabupaten Bojonegoro masih ada daerah yang masyarakatnya belum memiliki jamban dan sulit mengakses air bersih," ujarnya pada kanalbojonegoro.com, Senin (20/11).

Di Jawa Timur ada empat kategori kondisi sanitas, yaitu jamban sehat permanen (JSP), jamban sehat semi permanen (JSSP), masih menumpang (sharing), serta buang air besar sembarangan (BABS).

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri, hingga saat ini masih ada warga yang belum memiliki jamban dan masih melakukan buang air besar sembarangan (BABS). "Salah satu efek sanitasi yang buruk adalah anak yang stunting atau anak kurus dan kurang sehat," terang water credit analyst water.org, Kiki Tazkiyah.

Kiki menjelaskan, Indonesia memiliki target untuk mencapai universal akses yakni 100% akses air bersih, 100% sanitasi dan O% untuk kumuh di 2019.

Dari target ini, hingga saat ini baru tercapai air bersih 71,14% dan sanitasi 67,2%. Dari jumlah tersebut, lanjutnya, didanai dari pihak swasta termasuk dari masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa isu akses air bersih dan sanitasi tidak semata-mata merupakan tanggung jawab dari pemerintah, namun juga dari masyarakat.

"Visi dan Misi water.org adalah agar suatu hari semua warga di dunia memiliki akses air bersih dan sanitasi," kata Kiki.(MC Bojonegoro/toeb)