Keberhasilan Program KB Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Senin, 20 November 2017 | 11:11 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sidoarjo, InfoPublik - Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum mencanangkan  Kampung KB se Kabupaten Sidoarjo,  bertempat di lapangan Desa Wilayut Kecamatan Sukodono, Selasa (14/11).

Turut hadir pula Kepala Diklat KKB Malang yang mewakili Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur, Uni Hidayati, ST, MM, dan Kepala Bank Jatim Cabang Sidoarjo.

Pencanangan Kampung KB ini ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Bupati Sidoarjo, Forkopimda, dan TP PKK Kabupaten Sidoarjo.

Pelaksanaan pencanangan Kampung KB ini sangat meriah,  diikuti oleh 800 peserta dari unsur Forkopimda, pejabat di lingkungan Pemkab Sidoarjo, PKK, Muslimat, Fatayat, Aisiyah, MUI, FKUB, Kader KB, Kelompok Kegiatan seperti BKR, BKL, BKB, PIKR atau Satuan Karya Pramuka Kencana, motivator KB, tokoh masyarakat, dan para peraih pengelola KB KK tahun 2017.

Kegiatan ini merupakan rancang bangun bentuk penggarapan program pembangunan secara terpadu di lini lapangan yang melibatkan program pembangunan lintas sektor terkait dalam kampung KB.

Sementara tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung KB melalui intervensi program KKBPK dan sinergitas pembangunan lintas sektor.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Penghargaan Pengelola BKB terbaik bagi Ketua Kecamatan tahun 2017, Penghargaan kepada Kelompok BKB terbaik, Penghargaan bagi pembuatan Gapura Kampung KB terbaik serta penyerahan Buku Orang Tua Hebat dan KKA bagi Ketua TP PKK Kecamatan Sukodono, dan Penyerahan Lansia KIT bagi Ketua kelompok BKL.

Selain itu dilakukan juga Pengukuhan  Ikatan Satuan Generasi Berencana (Insan) Genre Delta Kabupaten Sidoarjo. Terdapat juga Stand pameran yang terdiri dari Pameran kegiatan dan program Kelompok BKB Desa Wilayut, PIK / R berbasis pendidikan dari SMP 1 Sukodono.

Serta, Pelayanan KB IUD, Implant yang diikuti sebanyak 75 orang dan calon akseptor yang bekerja sama dengan Puskesmas Sukodono dan MOP 10 orang akseptor yang dilayani di mobil pelayanan.

Bupati Sidoarjo menyatakan bahwa, kampung KB ini merupakan agenda prioritas ke 3 pembangunan nawacita, yakni membangun dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dan desa dalam kerangka NKRI, serta agenda prioritas ke-5, yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Keberadaan kampung KB ini sangat diperlukan di Kabupaten Sidoarjo, karena keberhasilan program KB akan meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra sejahtera, kata Abah Ipul.  (Humas/en/toeb)