Kemenkop UKM Berikan Bantuan Program WP di Kabupaten Sorong

:


Oleh Putri, Senin, 20 November 2017 | 11:45 WIB - Redaktur: Juli - 242


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong penerima program pemerintah khususnya Wirausaha Pemula (WP) agar dapet mempelopori pembangunan jaringan usaha.

Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Luhur Pradjarto mengatakan pihaknya mendukung pengembangan WP di wilayah timur tepatnya di Kabupaten Sorong, Papua Barat. 

"Sejak ada program WP baru tahun 2017 di Kabupaten Sorong jumlah penerima WP sebanyak delapan orang. Maka dari itu, ke delapan WP ini dapat mempelopori membangun jaringan usaha dan membentuk wadah yang legal," kata Luhur Minggu (19/11).

Ia melanjutkan, para penerima harus memanfaatkan dengan baik dana bantuannya sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya. Usaha yang dikelola para penerima WP umumnya budi daya ikan, ternak ayam, dan pembuatan kerupuk.

Kendala yang biasa dihadapi peternak unggas maupun budi daya ikan, menurut Luhur adalah pakan ternak maupun pelet biasanya mahal didatangkan kemungkinan dari luar Kabupaten Sorong.

"Dengan membangun jaringan usaha dan membentuk wadah yang legal pembelian pakan diharapkan lebih murah. Selain itu juga kebutuhan benih ikan atau anak ayam mungkin dapet dipasok oleh WP yang melaksanakan pembibitan," kata Luhur.