Pemko Pematangsiantar Siapkan 1000 Lowongan Kerja

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Minggu, 19 November 2017 | 19:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Pemantangsiantar, InfoPublik-Melalui pameran bursa kerja (Job Fair) Pemerintah kota melalui dinas tenaga kerja bersama dengan pusat pengembangan karir universitas Simalungun (PPK-USI) sebanyak 54 perussahaan menyediakan sekitar 1000 lowongan pekerjaan, kegiatan ini dibuka Walikota Pematangsiantar Hefriansyah, SE, MM diwakili plt. Sekda Drs. Resman Panjaitan di auditorium USI jalan SM Raja, Jum at (17/11).

Banyaknya angka pengangguran menjadi salah satu persoalan berat bagi Pemerintah termasuk kota Pematangsiantar, dikarenakan masih belum terjadinya keseimbangan antara kesempatan kerja dan jumlah pencari kerja, mulai dari kalangan SMA hingga perguruan tinggi, angka penggangguran terus menerus bertambah dari tahun ke tahun.

Plt Sekda dalam sambutan tertulis Walikota yang dibacakan mengatakan, job fair merupakan salah satu program pemerintah dalam menanggulangi angka pengangguran di kota ini, dengan cara memfasilitasi pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatnya, kemudian untuk membantu perusahaan agar mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan, mengetahui kecenderungan pendidikan, jenis kelamin, dan lowongan kerja yang tersedia.

Perusahaan dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan, sedangkan pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. Kami ucapkan terimakasih kepada panitia dan pihak – pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” katanya.

Sementara itu ketua komisi I Hotman Kamaluddin Manik dalam sambutanya menjelaskan kegiatan bursa kerja ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di kota Pematangsiantar. Oleh karena itu, kata Kamaluddin, layaklah diberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah kota melalui Dinas tnaga kerja dan PPK-USI.

Sebelumnya Kadisnaker Poltak Manurung, SE mengatakan tujuan bursa kerja (Job Fair) tahun 2017 ini, pertama dalam rangka memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja (perusahaan) agar pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

Membantu pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas dan professional sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mengurangi jumlah pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja secara proposional, jumlah perusahaan yang ditargetkan ikut serta dalam kegiatan bursa kerja (Job Fair) Tahun 2017 sebelumnya sebanyak 40 perusahaan yang berada di dalam dan luar kota Pematangsiantar membutuhkan tenaga kerja sekitar 700 orang.

Sehubungan dengan banyak perusahaan-perusahaan yang mendukung kegiatan ini, sehingga perusahaan dalam kegiatan ini bertambah menjadi 45 Perusahaan, dengan jumlah lowongan pekerjaan sekitar 1000 lowongan, perusahaan tidak membatasi jumlah tenaga kerja yang direkrut.

“Namun, jika kriteria yang perusahaan butuhkan ada pada pencari kerja meskipun jumlah tenaga kerja yang direkrut semula telah tersedia, maka perusahaan akan menambah jumlah lowongannya,” jelansya.

Kegiatan yang diketui kabid pendayagunaan pelatihan dan produktivitas ketenagakerjaan (Kabid P3TK) Alisman Marbun, S.Sos, M.Si, dan wakil ketua dari PPK USI Ir Mustafa Ginting mendapat dukungan yang baik dari masyarakat.

Tampak hadir ribuan pencari kerja dalam acara yang juga hadir Ketua DPRD diwakili Ketua Komisi I Hotman Kamaluddin Manik, didampingi Denny Siahaan, Nurlela Sikumbang, Hotmaulina Malau, jajaran USI antara lain, ketua yayasan USI, Ir Amsar Saragih, Wakil Rektor (Warekt) I, Drs Marlan,Warek II Pasu Malau, Warek III Dr Corry Purba dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Pematangsiantar.. (MC.PemantangsiantarHumas/C1/S1/DEyv).