Ubah Mindset ke Era Digital

:


Oleh Putri, Kamis, 16 November 2017 | 09:19 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 425


Jakarta, InfoPublik - Setiap pemerintahan selalu ingin memberikan layanan yang baik untuk masyarakatnya. Namun, dengan sumber daya manusia terbatas, dibutuhkan pengelolaan yang efektif.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani mengatakan layanan efektif dibutuhkan data. Karena itu sekarang memasuki era digital, semua data terkumpul untuk diolah dan kemudian membuat kebijakan untuk masyarakat. "Lalu bagaimana cara meningkatkan ekonomi kerakyatan, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)? Zaman dulu, kita harus punya modal untuk bisa berjualan. Sekarang, kita tidak punya produk pun bisa jualan asal mengetahui dimana saja tempat produksinya," kata Samuel, Rabu (15/11).

Setelah itu lanjut Samuel, produk difoto kemudian dipasarkan di website, dibuat sistem pembayaran, sistem pengiriman, meskipun modal hanya Rp1 juta. Jika tidak punya modal sama sekalipun hanya kamera pun, produk-produknya dikirim ke marketplace-marketplace.

Saat ini lebih mudah untuk berusaha, modal bukan lagi penghalang lagi yang ada hanya kreatifitas. Sama juga dengan online, dahulu jika ingin usaha taksi harus memiliki banyak mobil. Namun sekarang bisa pinjam atau menyewa mobil untuk bekerja taksi online.

"Kita harus merubah mindset dengan era baru yaitu era digital, cara melakukan bisnis pun berubah. Ini salah satu cara untuk pemerataan, dulu semua berpusat pada pemilik modal. Saat ini semua orang bisa berpartisipasi," kata Samuel.