Pemkot Palembang Bakal Naikkan Bantuan Untuk Veteran

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 15 November 2017 | 12:19 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 355


Palembang, InfoPublik - Pemerintah Kota Palembang akan menaikkan bantuan kepada Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

"Ada sekitar 134 Veteran RI di Kota Palembang. Hampir semuanya masih banyak yang membutuhkan sentuhan kasih dari semua lapisan masyarakat. Untuk itu kami ingin agar semua veteran di Palembang diperhatikan,” kata Wali Kota Palembang, Harnojoyo, saat bersilaturahmi ke masyarakat LVRI Palembang, Selasa (14/11).

Untuk membalas jasa para pahlawan tersebut, Harnojoyo mengatakan Pemkot Palembang akan menaikkan bantuan uang tunai, dari Rp 3.205 juta menjadi Rp 5 juta.

Harnojoyo berharap, melalui kegiatan ramah tamah bersama LVRI Kota Palembang, dapat menjadi motivasi bagi pihaknya yang sedang melaksanakan pembangunan.
 
"Inilah kegiatan yang harus rutin dilaksanakan, acara yang dapat menjadi semangat penerus bangsa sekarang. Bukan hanya hari pahlawan. Ke depan kita ingin silaturahmi ini rutin dilaksanakan,” ujar Harnojoyo.

Ke depan, Harnojoyo mengatakan akan terus berupaya memperhatikan veteran di Kota Palembang.

"Tali asih akan kita jadikan untuk membalas perjuangan mereka. Dan tidak hanya memberikan dalam bentuk uang, kita juga berencana memasukkan program bedah rumah dan kegiatan tali asih lain bagi veteran,” ujar Harnojoyo.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LVRI Provinsi Sumatera Selatan, Marsekal (Purn) Ir. Robert Siagian menyampaikan, pihaknya merasa terharu dan senang dengan perhatian yang diberikan Wali Kota Palembang.

"Kalo kami sendiri yang mengadakan acara seperti ini, kami tidak punya uang. Tapi ini sesuatu yang luar biasa diberikan pemerintah daerah kepada veteran," ujar Robert.

Robert mengapresiasi rencana Wali Kota untuk membantu para veteran melalui program tali asih seperti bedah rumah  Hanya saja, yang dihadapi adalah, banyak anggota veteran yang tidak punya tempat tinggal. Seperti dikawasan Kertapati yang tinggal di sekitar rel milik PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Karena dulu para pejuang yang nongkrong serta tidur di sekitar rel kereta api, tidak terpikir untuk memiliki tempat tinggal. Jadi mereka hanya bersifat menumpang,” tutur Robert.

Melalui program tali asih Pemkot Palembang, Robert berharap tidak hanya memberikan bantuan dalam bentuk uang, tetapi bagaiamana para veteran ini juga memiliki tempat tinggal.

"Kami bangga dengan perhatian wali kota sekarang. Karena mereka sudah sangat banyak membantu kami para veteran. Tapi jika memang dapat dibantu juga, masalah veteran yang tidak memiliki rumah.”(MC.Kota Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)