Palembang, InfoPublik - Setelah resmi dibuka beberapa waktu lalu, lelang lima jabatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kini masuk tahap seleksi kelengkapan administrasi.

"Rapat hari ini merupakan agenda pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi para calon pelamar untuk kelima posisi jabatan yang Pemkot Palembang lelang. Kemungkinan pada tanggal 16 nanti baru akan kita umumkan hasilnya,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, usai rapat di kantor Badan Kepegawaian dan Pengeloalan Sumber Daya Manusia Palembang, Selasa (14/11).

Diakui Harobin, peminat lelang jabatan ini cukup banyak. Di mana, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibolehkan minimal mengajukan pelamar sebanyak 4 orang. Namun dalam kesempatan ini ada juga OPD yang mengirimkan 7 orang pelamar.

"Dinas yang paling banyak peminat itu yakni Dinas PP PA PM yakni ada 7 orang, DPM-PTSP ada 5 orang, Dinas Perikanan dan DPKP ada 5 orang juga, sedangkan Dinas PU PR itu paling sedikit yakni 4 orang. Tapi pelamar ini masih dalam kota, tidak dari luar kota,” kata Harobin.

Diketahui, lima jabatan yang dimaksud yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP PA PM) dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) .

"Kosongnya jabatan ini tadinya diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) dan ada juga pejabat yang sudah memasuki masa pensiun.  Makanya, Pemkot Palembang mengundang PNS yang memenuhi syarat boleh ikut serta dengan seleksi terbuka. Jabatan yang lowong ini setara eselon II,” tutur Harobin.

Menurutnya, ada 16 persyaratan yang harus dipenuhi dalam lelang ini. Adapun ketentuan umum, berstatus PNS di lingkungan Pemprov dan Kabupaten Kota di Sumsel, mendapat persetujuan atau rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian, memiliki golongan minimal pembina IVa.

"Usai pengumuman seleksi administrasi, selanjutnya akan memasuki tahap selanjutnya, yakni assesment. Jika ada yang belum maka Pemkot bekerjasama dengan LAN RI Bandung pada tanggal 29 hingga 30 November mendatang di Jatinangor. Namun, sebagian besar sudah. Usai Assesment baru wawancara, kemudian paparan kita kasih waktu dengan menampilkan dalam bentuk Power Point,” Harobin menerangkan.(MC.Kota Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)