Wagub Jawa Timur Apresisai Kinerja Walikota Surabaya

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 14 November 2017 | 16:25 WIB - Redaktur: Tobari - 337


Surabaya,  InfoPublik - Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bangga dan memberi apresiasi tinggi pada kinerja Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang mampu mengubah kesan kumuh kawasan Pantai Kenjeran menjadi bersih dan bebas bau sampah. 

"Kinerja yang ditunjukkan Bu Risma sangat membanggakan, semoga bisa menjadi contoh Surabaya karena sukses membuat Pantai Kenjeran menjadi bersih," ujarnya di sela Gerakan Bersih Pantai Kenjeran Surabaya, Selasa (14/11).

Diakuinya, keindahan Pantai Kenjeran dan Taman Surabaya di kawasan Bulak menjadi salah satu destinasi wisata andalan Surabaya untuk mendatangkan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Bisa dlihat sendiri betapa indahnya Pantai Kenjeran dan Taman Surabaya yang dibangun Pemkot Surabaya. Jika Pemerintah daerah dan masyarakat mau komintmen menjaga lingkungan, maka pasti bisa," tegas Gus Ipul.

Kondisi pantai yang bersih pasti akan menciptakan kesehatan bagi masyarakat di sekitarnya, bahkan pantai yang indah juga berimbas langsung pada peningkatan perekonomian warga setempat.

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul bersama ribuan pelajar dan masyarakat Surabaya melakukan bersih-bersih pantai, sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik khususnya sampah di lautan

“Sampah sampai saat ini memang masih menjadi masalah. Di Jawa Timur setiap harinya menghasilkan 19 juta ton sampah yang 20% di antaranya adalah sampah non organik, kondisi ini akan terus kita perbaiiki, dan sekarang Jatim sedang membangun tempat pengolahan sampah B3,” tuturnya. .

Limbah sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) di Jatim setiap tahun potensinya cukup besar mencapai 300 juta ton, kemudian yang terdata baru 170 juta ton dengan 150 juta ton di antaranya dihasilkan oleh PLTU Paiton, namun telah mampu diolah sendiri di Paiton. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)