Jawa Tengah Raih Juara Umum Peparpenas 2017

:


Oleh Astra Desita, Selasa, 14 November 2017 | 10:25 WIB - Redaktur: Juli - 356


Jakarta, InfoPublik - Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2017 akhirnya resmi ditutup oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Gedung Wanita, Manahan, Solo. Jawa Tengah, Senin, (13/11) malam.

Sebagai tuan rumah berhasil menjadi juara umum dengan meraih 18 emas, 7 perak dan 11 perunggu, yang diikuti Jawa Barat di posisi kedua dengan 16 emas, 7 perak dan 6 perunggu dan Jawa Timur diperingkat  ketiga dengan 15 emas, 8 perak dan 1 perunggu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik dari Kemenpora, Kota Solo hingga semua kontingen dari berbagai daerah yang sudah berpartisipasi dan berprestasi di ajang Peparpenas 2017.

"Kalian semua adalah juara, semua sudah hebat telah berprestasi karena prestasi itu lahir dari keyakinan dan latihan kalian sebagai atlet. Buat kontingen yang belum juara jangan pernah patah semangat, dan buat tim yang juara jangan bersombong diri. Teruslah berlatih untuk meraih prestasi yang lebih baik," kata Ganjar.

Ganjar juga senang melihat Peparpenas 2017 semua berjalan dengan sukses dan lancar. "Saya bangga kepada semua kontingen yang ikut di ajang ini, ini mewujudkan cermin NKRI yang sesungguhnya.

Hampir semua daerah dari seluruh Indonesia berkumpul di sini untuk bertanding secara sportivitas dan memupuk rasa persaudaraan. Dengan olahraga kalian bisa bersama berkumpul untuk menjadi saudara. Dan saya ucapkan selamat kepada Papua yang akan menjadi tuan rumah Peparpenas VIII 2019. Tungggu kami semua di sana," tambahnya.

Pada acara tersebut, trophy juara umum diserahkan oleh Staf Ahli Bidang Kerjasama Kelembagaan Pemuda dan Olahraga Adiati Noerdin kepada Gubernur Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah.  

Sementara Ketua Panitai Peparpenas VIII  Bayu Rahardian pada laporannya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan acara ini.

"Alhamdulillah selama pelaksanaan Peparpenas VIII tidak ada masalah besar yang kami alami, semua berjalan dengan baik berkat dukungan semua pihak. Dan saya sampaikan selamat kepada tuan rumah Jawa Tengah yang menjadi juara umum," kata Bayu.              

Kami mengharap pretasi ini bukan hanya di tingkat pelajar nasional. Tapi, berharap terus ke level internasional. Karena itu kami sedang berusaha keras untuk terus meningkatkan pembinaan jangka panjang termasuk memberikan apresiasi pada atlet berprestasi. Saya juga senang Peparpenas tahun ini banyak munculnya bibit-bibit baru yang bisa diandalkan untuk regenerasi atlet," tambahnya.

Berikut 10 Besar Klasemen Perolehan Medali Peparpenas VIII 2017
Urutan Kontingen Emas Perak Perunggu
1 Jawa Tengah 18 7 11
2 Jawa Barat 16 7 6
3 Jawa Timur 15 8 1
4 Riau 12 4 4
5 D.I. Yogyakarta 11 8 1
6 Papua 8 8 10
7 Bali 8 4 9
8 Jambi 8 4 4
9 Sumatera Utara 7 4 7
10 Sumatera Selatan 7 4 3