Berbagai Lomba Meriahkan HKN 53 di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 13 November 2017 | 15:02 WIB - Redaktur: Tobari - 737


Batam, InfoPublik - Rumah Sakit Budi Kemuliaan tampil sebagai Juara Umum pertandingan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Kota Batam tahun 2017. Adapun pertandingan yang dimenangkan RSBK adalah bulutangkis, bola volley campuran, dan futsal.

Pada HKN ke-53 ini digelar 13 jenis lomba, yakni tenis meja beregu putera dan puteri, domino, bulutangkis, senam Germas, bola volli campuran, catur, futsal. Kemudian lomba penyuluhan, tari cuci tangan pakai sabun, lomba cepat tepat, serta lomba melukis tingkat SLTA dan SLTP.

Pertandingan diikuti berbagai stakeholder kesehatan di Kota Batam. Seperti Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, Balai Pelatihan Kesehatan, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia, Dokkes Polda Kepri, PMI Kota Batam.

Selanjutnya RSUD Embung Fatimah, RSBP Batam, RS Awal Bros, RS Budi Kemuliaan, RS Elisabeth, Puskesmas. Serta Universitas Batam, Stikes Mitra Bunda, Stikes Awal Bros Batam, SLTP dan SLTA/sederajat.

Penyerahan hadiah dan piala dilaksanakan dalam Upacara Peringatan HKN ke-53 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (13/11). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, yang dalam amanatnya, membacakan sambutan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Sedangkan petugas upacara berasal dari korps kesehatan militer. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara yaitu Kapten ckm Muzan dari Rumkitban TNI AD Batam. Dan Letda ckm dr. Edvans Henry dari Raider Khusus 136/Tuah Sakti selaku perwira upacara.

Sementara itu, Walikota Batam Muhammad Rudi yang ditemui usai upacara mengatakan bahwa masih banyak masyarakat menengah bawah yang membutuhkan bantuan pemerintah dalam hal layanan kesehatan. Ada sekitar 282.000 masyarakat yang dibantu melalui program Kartu Indonesia Sehat (KIS), baik anggaran pusat maupun daerah.

"Baik Askes yang berubah jadi BPJS dan sekarang KIS, itu per KK. Kalaulah 60.000 KK kali empat sudah 240.000. Ditambah BPJS dari Pemko 44.000. Belum semua terpenuhi. Perlu edukasi dari tenaga kesehatan kepada masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat," kata Rudi. (MC Batam Kartika/toeb)