Diskominfo Gaet Online Market Place untuk Edukasi Pelaku UMKM

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 9 November 2017 | 08:12 WIB - Redaktur: Kusnadi - 276


Surabaya, InfoPublik - Diskominfo Jatim selenggarakan acara Edukasi UMKM bersama MatahariMall.com untuk mengenalkan pemasaran online dalam upaya memperluas jaringan pemasaran produk-produk UMKM. Dipilihnya edukasi ini, karena Indonesia memiliki potensi besar untuk pemanfaatan pemasaran online. 

Data menunjukkan bahwa tahun 2016, pengguna Internet di Indonesia mencapai 132,7 juta dengan total penduduk 256,2 juta, dan sekitar 86,3 juta orang di Jawa menggunakan internet. Sekitar 63,5 % dari jumlah tersebut pun melakukan transaksi secara online dan sebanyak 34,8 % atau 46 juta orang melakukan transaksi lebih dari satu kali setiap bulannya. Hal ini menunjukkan bahwa telah ada pergeseran cara berbelanja masyarakat di dunia digital. 

Dengan melihat besarnya jumlah pelaku UMKM dan Transformasi UMKM menuju dunia digital, maka edukasi ini perlu digencarkan. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Jatim, jumlah pelaku UMKM adalah 6,8 juta dan jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 11,1 juta orang.

Hadirnya produk seperti kerajinan, fashion, makanan dan minuman oleh UMKM akan menjadi potensi yang luar biasa jika produk yang dihasilkan dapat dipasarkan dengan baik.

“Melakukan market place untuk pemasaran online adalah langkah yang tepat,” ujar Nirmala Dewi, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Jatim, Rabu (8/11) saat membuka program edukasi UMKM di Dinas Kominfo Jatim. 

Menurutnya, Pelaku UMKM baik pemula maupun bukan pemula dengan adanya edukasi diharapkan dapat menggunakan market place dengan maksimal. Untuk menjamin keamanan transaksi, beberapa market place menyediakan rekening bersama, sehingga konsumen merasa aman. 

Jaka Komata, selaku pemateri edukasi mengatakan, kendala utama yang dihadapi saat ini adalah masih belum percayanya masyarakat terdahap sistem belanja online. Untuk itu, mewakili MatahariMall.com, Jaka menyampaikan program UKM SUPER yang mendukung transaksi online dengan bantuan publikasi melalui website dan social media. 

Melalui acara ini, diharapkan pelaku UMKM dapat mengenal online market place agar dimanfaatkan secara optimal.

“baru dengan ini, saya pertama kali tahu cara jual online yang seharusnya, makanya saya perlu binaan dan edukasi”, ujar Anis Waitin, peserta acara sekaligus pelaku pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum Industri Kecil Menengah (IKM) serta Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) di Gresik. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-Put/Kus)