Kemah Bakti Pemuda Wahana Memperkokoh Persaudaraan Pemuda

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 8 November 2017 | 21:09 WIB - Redaktur: Tobari - 856


Bone Bolango, InfoPublik – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan kemah bakti pemuda Bone Bolango VI, yang berlangsung di lapangan Hulunga Desa Ulantha Kecamatan Suwawa, dan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bone Bolango, Taufik Sidiki, Selasa (7/11).

Taufik Sidiki dalam sambutannya mengatakan kemah bakti pemuda Bone Bolango ke-VI tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dalam hal ini Dispora Bone Bolango, merupakan wahana untuk memperkokoh persaudaraan para pemuda di Kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya, kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam rangka memperkuat pembentukan karakter pemuda, meningkatkan daya saing serta kemandirian para pemuda yang dilandasi oleh semangat nasionalisme yang religius.

Ditambahkannya kemah bakti pemuda ini bertujuan untuk meningkatkan memahami wawasan kebangsaan, keanekaragaman seni budaya memupuk rasa persatuan dan kesatuan pemuda, serta upaya meningkatkan keterampilan dan kreatifitas menuju pemuda yang mandiri serta berjiwa nasionalisme. 

“Sehingga, pemuda akan menjadi penerus tongkat estafet dari cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang jaya dengan masyarakat yang madani,” katanya.

Untuk itu, Taufik Sidiki berharap melalui kegiatan Kemah Bakti Pemuda Bone Bolango VI tahun 2017 yang mengambil tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu" menjadi sarana perekat berbagai keanekaragaman pemuda dan memperkokoh persatuan dan persaudaraan yang dilandasi oleh semangat nasionalisme yang religius untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Bone Bolango.

Para pemuda harus dapat menunjukkan jati dirinya dengan berinteraksi dan berdialog, bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memecahkan permasalahan di berbagai macam bidang dengan mengedepankan kearifan untuk dapat menerima perbedaan.

Dan menjadikan perbedaan itu sebagai kekuatan besar untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan di Bone Bolango agar lebih maju, sejahtera, dan lebih cerdas dalam bingkai NKRI. 

“Galang terus persaudaraan dan persahabatan di antara kalian, sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan. Kembangkanlah berbagai metodologi dan kegiatan yang dapat membangun harmoni, kerukunan, kekompakan, kesetiakawanan bahkan kasih sayang diantara kalian,” ujar Taufik Sidiki.

Selamat mengikuti Kemah Bakti Pemuda Bone Bolango VI. ”Semoga kegiatan ini akan menjadi sumber inspirasi bagi kita semua untuk melanjutkan Pembangunan menuju Bone Bolango cemerlang,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dispora Bone Bolango Djamaludin Wartabone melalui Sekretaris Dispora Abd. Wahab Hadju menjelaskan tujuan pelaksanaan Kemah Bakti Pemuda itu adalah sebagai upaya pembinaan dan pembentukan karakter pemuda disamping peningkatan kualitas dan pemberdayaan pemuda menuju terciptanya pemuda yang kreatif, mandiri, sadar dan peduli lingkungan.

Selain itu, untuk mempersatukan para pemuda yang berada di 18 kecamatan menuju Kabupaten Bone Bolango cemerlang melalui kegiatan olahraga, seni budaya dan dialog.

”Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 7-8 November 2017 dengan tiga agenda kegiatan, yakni olahraga, pagelaran seni dan budaya, dan dialog,”jelasnya. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)