Sebar Informasi HIV/AIDS, KPA Merauke Gandeng Tokoh Agama

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Rabu, 8 November 2017 | 11:16 WIB - Redaktur: Kusnadi - 337


Merauke, InfoPublik - Berbagai upaya dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Merauke, Papua. Hal ini gencar dilakukan dalam upaya memperluas informasi bahaya penyakit HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome), termasuk dengan menggandeng tokoh-tokoh agama di daerah itu.

Sedikitnya sebanyak 30-an tokoh agama Kristen Katolik dan Protestan mengikuti pelatihan sebagai bentuk kepedulian toga dalam pencegahan penyakit yang belum ada obatnya itu. Sekretaris KPA Merauke, Tuban Sriyono mengatakan, tokoh agama memiliki peran penting dalam pencegahan dan penyebaran penyakit tersebut.

Menurutnya, penanggulangan penyakit HIV/AIDS membutuhkan peran, dukungan dan partisipasi semua pihak. “Diharapkan dengan ketelibatan tokoh agama dapat mencegah perkembangan dengan penyampaian dari sisi keagamaannya,” katanya, belum lama ini.

Selama pelatihan dua hari, para tokoh agama akan dibekali berbagai informasi untuk pencegahan HIV/AIDS, salah satunya lewat sirkumsisi (sunat). Kedepan, pelatihan serupa secara kontinyu akan terus dilakukan dengan sasaran tokoh agama lainnya.

Data terakhir kasus HIV/AIDS diKabupaten Merauke per Agustus telah mencapai 2031 penderita. Masalah ini menjadi tanggungjawab semua komponen masyarakat untuk sama-sama menekan laju pertumbuhannya,” tukasnya. (McMrk/05/Abd/Kus)