Wagub Jatim Apresiasi Kegiatan Seni Art Forum

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 30 Oktober 2017 | 08:26 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 323


Surabaya InfoPublik - Wakil Gubernur Jatim, H Saifullah Yusuf mengapresiasi kegiatan dari Dewan Kesenian Jatim (DKJT), setiap tahunnya menggelar kegiatan kesenian ke masyarakat Jatim berupa kesenian Art . Dengan begitu, kegiatan di sektor ekonomi Jatim menjadi meningkat.

"Terima kasih kepada para seniman  di kabupaten/kota yang selalu menampilkan kebudayaan masyarakat Jatim ke Luar negeri maupun di Dalam negeri. Dan membuat Jatim dikenal masyarakat luar dengan gudangnya kesenian," tegas Gus Ipul usai membuka kegiatan seniman Art Jatim di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya, Jumat (27/10) sore. 

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jatim terus mensupport kegiatan kesenian dengan menggarkan kegiatan kesenian di Jatim melalui dinas Pariwisata Jatim dan DKJT.  "Kegiatan Forum kesenian Art forum yang menampilkan kebudayaan di Jatim luar biasa, karena pesertanya juga ada dari luar provinsi Jatim," urainya. 

Gus Ipul sapaan akrabnya Wagub Jatim, meminta kepada para seniman untuk terus melakukan sosialisasi tentang kebudayaan Jatim ke masyarakat, baik di Jatim maupun luar Jatim bahkan di dunia. Karena dunia sepi tanpa seni. "Di Malaysia, atau Singapura ada kegiatan kesenian seperti Art Forum Jatim. Oleh karena kepada seniman dapat jaga keberagaman, dan selalu pupuk rasa kebersamaan," ujarnya. 

Ketua DKJT Jatim, Taufik Monyong mengatakan kegiatan Art ini merupakan kegiatan rangkaian dari Hut Jatim ke 72. Mulai dari seni festival musik bambu, Art Forum Jatim, festival Barong, dan pertemuan para koreografer. "Kami undang peserta dari 20 Provinsi Jatim, dan 22 Kabupaten/Kota Di  Jatim untuk menampilkan kesenian kepada masyarakat,"jelasnya. 

Dengan rangkaian Kesenian yang diadakan tiap tahun ini, diharapkan kedepan kebudayaan di Indonesia ini juga menjadi sumber utama penyumbang ekonomi dan juga penyelamat bangsa Indonesia, selain politik dan Hukum. "Sekarang saatnya pemerintah mulai memperhatikan dan mengkedepankan kebudayaan di Indonesia,"tuturnya. 

Langkah agar kebudayaan menjadi utama pemimpin di Indonesia, pihaknya mengatakan akan mengumpulkan aktor atau guru seniman se Indonesia untuk mendatangi kantor KPU pusat, provinsi dan kabupaten/kota agar materi kesenian ini juga diberikan kepada para calon pemimpin bangsa. (MC Diskominfo Prov Jatim/non- Pca/Eyv)