Kemenhub Luncurkan Kapal Kontainer Tipe 100 TEUs

:


Oleh Dian Thenniarti, Senin, 30 Oktober 2017 | 15:04 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan satu unit kapal kontainer tipe 100 TEUs di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI Persero) di Makassar, Minggu (29/10).

Kapal Kontainer yang diberi nama KM Kendhaga Nusantara 11 diluncurkan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bay M Hasani, disaksikan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan para stakeholder transportasi laut di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Peluncuran kapal ini merupakan tindak lanjut penandatanganan kontrak pembangunan kapal kontainer pada tahun 2015 lalu, dan saat peluncuran ini pembangunan kapal telah mencapai sekitar 70 persen. Kapal tersebut dibangun menggunakan APBN secara multi years senilai Rp113,34 Miliar.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Bay M Hasani mengemukakan, selama kurun waktu tahun 2015-2017, dalam rangka mendukung program pemerintah Jokowi-JK yaitu Program Tol Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah memesan 15  unit kapal kontainer yang dibangun di beberapa galangan kapal di Indonesia, dua unit diantaranya dibangun di Galangan Kapal PT IKI Makassar.

Peluncuran kapal kontainer di Galangan Kapal PT IKI Makassar ini merupakan yang ke dua kalinya setelah sebelumnya pada Agustus 2017 lalu juga telah diluncurkan kapal dengan tipe yang sama.

"Pembangunan kapal yang saat ini sedang dilakukan Kementerian Perhubungan dalam rangka mewujudkan tol laut untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, dan menjamin konektivitas antar pulau di daereh terpencil guna menjamin tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industri serta pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut," kata Bay.

Bay juga mengatakan bahwa dengan bertambahnya kapal kontainer ini, ke depan diharapkan dapat membuat keberadaan barang di suatu wilayah menjadi lebih pasti.

Kepastian kedatangan kapal dengan barang tentunya akan menjamin stabilitas harga barang di wilayah tersebut sehingga mengurangi kesenjangan atau disparitas harga yang selama ini masih terjadi khususnya di wilayah Timur Indonesia.

"Jika program pembangunan kapal kontainer ini berjalan sesuai harapan, dan pada rute-rute tertentu tingkat keterisian kontainer diatas rata-rata, maka secara perlahan subsidi yang diberikan akan dikurangi, sampai kapal yang beroperasi di rute tersebut untung," tambahnya.

Berikut adalah data spesifikasi Kapal Kontainer KM. Kendhaga Nusantara 11 :

Panjang Seluruh (LOA) :  74,05 M

Panjang Antara Garis Tegak (LBP)  :  69,20 M

Lebar Kapal (B) :  17,20 M

Tinggi Geladak  (H)  :   4,90 M

Sarat Benam Air (T) :  3,50  M

Kecepatan (Vs) :  12.00 Knot

Xxaya Mesin Induk :   2 x 1550  HP/1840 RPM