DPMD Minta Seluruh Desa Laksanakan DD Dengan Siskeudes

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 27 Oktober 2017 | 16:48 WIB - Redaktur: Tobari - 255


Sumenep, InfoPublik -  Seiring dengan adanya pengembangan aplikasi tata kelola Pemerintahan Desa dengan menggunakan Sistem Keungan Desa (Siskeudes) untuk menyusun APBDes 2017, setiap Desa, khususnya di Kabupaten Sumenep, harus betul-betul sudah mengaplikasikan program tersebut.

“Agar mutu pelaporan keuangan Desa semakin profesional, berkualitas, efektif dan efisien,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep H. Ahmad Masuni, SE, MM, kepada Wartawan, Jum’at (27/10).

Menurutnya, aplikasi keuangan yang dikembangkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerjasam dengan Kemendagri dan Kemendesa PDTT, agar seluruh Desa melaksanakan pengelolaan Dana Desa (DD) melalui Siskeudes.

“Dengan aplikasi pengelolaan Dana Desa, tentunya ke depan pengelolaan Dana Desa akan lebih terbuka. Karena memang sudah saatnya untuk tidak ada lagi pengelolaan Dana Desa yang ditutup-tutupi,”ungkapnya.

Meskipun diakui, tidak semua Desa memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam mengaplikasikan program tersebut, namun Desa memang harus terus melakukan inovasi, yang salah satunya dengan memiliki website untuk mengakses seluruh informasi pengelolaan Dana Desa ke internet.

Sebab, jika Desa menutup-nutupi program yang dilaksanakan di Desanya, tentunya akan digilas perubahan. Karena, mau tidak mau Desa memang harus siap. Karena itu, setiap Desa juga sudah ada pendamping Desa, agar Desa semakin maju dan masyarakatnya sejahtera.

“Kami sebagai fasiitator tentunya juga terus mengawal proses pengelolaan Dana Desa melalui Siskeudes ini, agar laporan keuangan Dana Desa semakin mudah dalam pertanggung jawabannya,” tambahnya. (Ren/Esha/Fer/toeb )