Ratusan Warga Bintaro Antusias Menimbangkan Balita di Posyandu Ketimun

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 27 Oktober 2017 | 13:46 WIB - Redaktur: Juli - 505


Jakarta, InfoPublik  - Ratusan warga di Bintaro tampak antusias membawa anak-anaknya untuk menimbangkan berat badan di Posyandu Ketimun yang berlokasi di RT. 06/RW.013 Bintaro, Jakarta Selatan.

Lebih dari 100 balita yang tinggal di wilayah RT.05, RT. O6, RT. 07 di RW.013, Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan, ikut antre menimbangkan balitanya.  Sejak pukul 08.00 WIB, ibu-ibu yang membawa anak mereka sudah tampak berkumpul di Posyandu Ketimun menunggu giliran untuk menimbangkan balitanya.

Hasil timbangannya dicantumkan pada Kartu Menuju Sehat (KMS), berat badan yang dicantumkan di KMS akan terlihat sesuai dengan pita warna yang ada, ada warna hijau, kuning, dan merah.

Berat badan yang berada pada pita warna hijau, dipersepsikan dengan gizi baik, sementara berat badan yang pada pita warna kuning sedang, dan berat badan di bawah garis merah atau biasa disebut dengan BGM, atau menderita gizi buruk.

Christina, salah seorang petugas Posyandu Ketimun mengatakan, ibu-ibu yang menimbangkan balitanya hari ini, Jumat (27/10) mencapai 113 balita. “Setiap bulan dilakukan penimbangan di Posyandu untuk mengetahui perkembangan kesehatan balita, terutama melalui penimbangan berat badan, dan tinggi badan. Kalau ada balita di bawah garis merah (BGM), maka dirujuk ke Puskemas agar mendapat penangan medis lebih lanjut,” ujarnya.

Menurutnya sampai saat ini, belum terdapat balita yang berat badannya di bawah garis merah (BGM), rata-rata semua balita berada pada pita garis hijau atau kuning.

Sementara itu, April Direntina salah seorang ibu yang menimbangkan anaknya yang bernama Alisia, tinggal di RT. 06/RW. 13 Bintaro, mengatakan, sejak Alisia umur 7 bulan hingga 2 tahun rutin menimbangkan balitanya ke Posyandu Ketimun.

Menurutnya, pelayanan di Posyandu ini cukup baik, dan lengkap, disamping meninbang berat badan, juga tinggi badan, sebelumnya posyandu ini bersama Puskesmas Kelurahan Bintaro juga memberikan pelayanan imunisasi MR (Measles Rubella) untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella.

Begitu juga Erni, tinggal di RT.07/RW 013 yang juga menimbangkan balitanya, menambahkan, dirinya merasa bersyukur ada Posyandu Ketimun yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalnya. “Saya rutin membawa balita saya ke Posyandu ini untuk mengetahui perkembangan kesehatan anak saya,” paparnya.

Dari pantauan InfoPublik.id, Posyandu ini juga menyediakan bubur kacang hijau, dan setelah ibu-ibu selesai menimbangkan balitanya mereka dibagikan bubur kacang hijau untuk meningkatkan  gizi anak-anak mereka.