Bhayangkari Gelar Tes IVA Untuk Cegah Kanker Serviks

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Kamis, 26 Oktober 2017 | 11:03 WIB - Redaktur: Tobari - 456


Merauke, InfoPublik -  Ibu-ibu Bhayangkari Polres Merauke mengikuti penyuluhan dan tes IVA atau pemeriksaan leher rahim  serta pemeriksaan payudara secara klinis sebagai langkah deteksi  dini. Kegiatan ini bertujuan, agar ibu-ibu lebih memahami dan dapat mencegah terjadinya kanker serviks.

“Bukan mencegah penyakitnya tidak akan muncul, tetapi mengenali lebih dini, bila terkena kanker serviks. Karena kebanyakan para penderita mengetahui sudah pada saat stadium tiga bahkan sudah masuk stadium empat,” ujar Ketua Cabang Bhayangkari Polres Merauke Sandra Bahara Marpaung, kepada pers di Puskesmas Mopah, Selasa (24/10).

Menurutnya, kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit mematikan bagi kaum perempuan, sehingga ibu-ibu wajib melakukan pemeriksaan IVA setiap tahunnya, guna mendeteksi kanker serviks secara dini.

“Pemeriksaan secara rutin  sangat penting karena tidak ada gejalanya kalau terkena kanker serviks. Untuk mengetahui itu hanya dengan pemeriksaan IVA bisa mengetahui secara dini,” ucapnya.

Sementara itu, dalam rangka hari kesatuan gerak Bhayangkari  ke-65, Bhayangkari Polres Merauke bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Merauke dan OASE, juga melakukan penyerahan akte kelahiran gratis kepada 25 anak.

Serta melakukan sosialisasi ke sekolah terkait dengan kesehatan reproduksi pada remaja dan narkoba. (McMrk/03/Ngr/toeb)