Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SLTA Kota Pematangsiantar

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Rabu, 25 Oktober 2017 | 15:16 WIB - Redaktur: Tobari - 562


Pematangsiantar, InfoPublik - Wawasan kebangsaan adalah cara pandang kita tentang bangsa dan negara dengan tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemerintah kota Pematangsiantar, melalui Badan Kesbangpol berkewajiban meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi SLTA sebagai generasi muda kota Pematangsiantar, dan kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan H Adam Malik, Rabu (25/10) pagi.

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah, SE,MM, diwakili Plt Sekda Drs Resman Panjaitan, saat membuka acara peningkatan nilai nilai wawasan kebangsaan, mengatakan, wawasan kebangsaan sangat diperlukan, terlebih bagi bangsa kita yang sangat majemuk.

“Karena dengan mempunyai wawasan kebangsaan yang baik dan benar, kita wajib merasa satu di tengah keberagaman suku, agama, ras, kulit, dalam rangka mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Melalui gerakan revolusi mental yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, diharapkan kita semua dapat benar-benar melaksanakan secara terus menerus selama hayat masih dikandung badan.

Untuk itu, ia mengajak memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa demi menjaga kelestarian toleransi beragama yang sangat tinggi di kota Pematangsiantar yang kita cintai ini.

Tugas menjaga keutuhan negara Republik Indonesia, bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga termasuk tugas para pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Untuk itu, Plt Sekda berpesan kepada para pelajar untuk serius mengikuti kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan ini, agar kota Pematangsiantar ini menjadi lebih mantap maju dan jaya dengan generasi penerus bangsa berwawasan kebangsaan yang tinggi.

Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol Drs. Lukas Barus melaporkan, kegiatan dilaksanakan dalam 2 angkatan, yaitu angkatan I yang dilaksanakan saat ini dan angkatan II dilaksanakan pada 6 November 2017.

Untuk angkatan pertama diikuti oleh 800 orang peserta berasal dari SLTA kota Pematangsiantar, di antaranya SMA Taman Siswa, SMA Kartika, SMA YPK, SMA Sultan agung, SMA Alwasliyah, SMA Maria Goretti, SMAN 4, SMK GKPS.

Dengan menghadirkan narasumber dari Koramil dan Polres Pematangsiantar, sementara materi pembekalan wawasan kebangsaan ini diberikan dua topik, yaitu  "Saya Pancasila" dan "Sadar hokum” dengan tema Tertib berlalulintas.

Hadir dalam pembukaan acara  Danramil O4 Siantar Barat Kapt. Inf Bimo, KBO Satlantas Iptu Johanna Sinaga, mewakili UPTD Disdik Provsu untuk Pematangsiantar Kadir Donggoran, kabag humas dan protokoler Gilbert Ambarita, SH dan lainnya. (Humas/C2/S2/toeb).