Baznas Dharmasraya Salurkan Zakat Senilai Rp487 Juta Kepada 812 Pelajar

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Senin, 23 Oktober 2017 | 19:05 WIB - Redaktur: Tobari - 739


Dharmasraya, InfoPublik - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya menyalurkan zakat dalam bentuk biaya pendidikan bagi 812 pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu, yang secara keseluruhan bernilai Rp487.200.000.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt. Rajo Medan, S.Sos, di auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Senin (23/10).

Kepala Baznas Kabupaten Dharmasraya A Gani, SH, MH menuturkan, sebanyak 812 pelajar yang menerima beasiswa saat ini meliputi 548 pelajar SD, 142 siswa SMP dan 122 siswa SMA. Masing-masing pelajar akan menerima Rp600.000 dan jumlah dana yang disalurkan mencapai Rp487.200.000.

“Setiap siswa menerima beasiswa senilai Rp600.000 per orang, baik untuk siswa SD, SMP ataupun SMA,” papar Gani.

Sementara  Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan, S.Sos dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Baznas Kabupaten Dharmasraya yang telah mendistribusikan zakat bagi 812 siswa di Dharmasraya pada tahun ini.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi para siswa dalam memenuhi kebutuhan untuk menempuh pendidikan. Besar pula harapan kita, agar yang menerima zakat saat ini, di masa yang akan datang akan menjadi muzakki atau pemberi zakat pula kepada yang berhak menerimanya, khususnya pada zakat Maal,” ujar Wabup.

Selain itu, dana zakat dapat menjadi salah satu alternatif untuk penyelesaian berbagai masalah, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan. Apabila potensi zakat yang berasal dari umat Islam se Dharmasraya dapat dihimpun dan dikelola secara baik.

Wabup Amrizal juga berharap agar Baznas lebih mengoptimalkan penghimpunan zakat ke depannya. Sebenarnya potensi zakat sangat besar  karena mayoritas masyarakat Dharmasraya beragama Islam.

Jika Unit Penghimpun Zakat (UPZ) di setiap nagari bekerja dengan oprimal, tentulah jumlah zakat yang terhimpun semakin lebih banyak. Dengan demikian, jumlah warga masyarakat yang dibantu melalui zakat juga semakin lebih meningkat.

“Zakat sangat banyak manfaatnya, khususnya dalam membantu pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan umat dan peningkatan ekonomi masyarakat pada umumnya,” kata Wabup. (And/MC Dharmasraya/toeb)