Lahan Kampung Tua Tanjunggundap Disiapkan Untuk BLK

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 23 Oktober 2017 | 08:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 255


Batam, InfoPublik - Kementerian Tenaga Kerja akan turun meninjau lokasi lahan pembangunan Balai Latihan Kerja di Batam, pekan depan. Adapun lokasi yang akan ditinjau berada di Kampung Tua Tanjunggundap Kecamatan Tembesi.

"Pak Wali (walikota) menawarkan lahan di Tanjunggundap. Dari Kementerian setuju, rencana minggu depan mau ditinjau Dirjen," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti di Batam Centre, Sabtu (21/10).

Lahan di Tanjunggundap ini berada di kawasan pantai. Hanya beberapa meter dari laut. Sesuai dengan permintaan dari Kementerian.

"Luasnya sekitar 5 hektare. Dan warga di sekitar pun tidak masalah. Mereka menyambut baik," ujarnya.

Menurutnya dari keseluruhan lahan tersebut, seluas 2 hektare sudah siap digunakan untuk pembangunan. Balai latihan kerja ini akan dibangun oleh Kementerian Tenaga Kerja secara bertahap.

Informasi yang didapatkan Rudi dari kementerian, tahap pertama ini dianggarkan Rp 30-40 miliar. Sementara total hingga selesai dibutuhkan anggaran hingga ratusan miliar.

"BLK di Batam ini rencananya untuk bidang kemaritiman dan aviasi," kata dia.

Sebelumnya Pemerintah Kota Batam menyiapkan lahan di Sambau Kecamatan Nongsa. Namun lokasinya cukup jauh dari tepi laut. Sehingga Kementerian meminta dicarikan lokasi yang lain. Karena itulah Pemerintah Kota Batam usulkan lokasi lain.

"Tapi harusnya Agustus kemarin paling lambat. Jadi mungkin jadinya tahun depan," kata mantan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Kota Batam tersebut. (MC Batam Kartika)