Optimalkan Bidang Statistik, Diskominfo Batanghari Kunjungi Jatim

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 23 Oktober 2017 | 08:05 WIB - Redaktur: Kusnadi - 220


Surabaya, InfoPublik – Untuk meningkatkan sistem pengelolaan Statistik yang efektif dan efisien, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi melakukan studi komparasi ke Diskominfo Jatim, Jumat (20/10) siang. 

Kunjungan dimaksudkan  untuk mendapatkan masukan dari Provinsi Jatim demi kelancaran penyelenggaraan kegiatan cetak buku – buku statistik di lingkungan Kabupaten Batanghari. 

Kabid Persandian dan Statistik Kabupaten Batanghari , Rikki Jaya Pratama mengatakan, kunjungan  dilakukan  untuk mengetahui teknis pengumpulan data yang sudah dilakukan Jawa Timur, sehingga nantinya bisa diterapkan ke Kabupaten Batanghari.

“Kami sudah punya gambaran dari diskusi yang sudah kami lakukan tadi, dan sangat membantu kegiatan yang akan kami lakukan, dan mudah-mudahan ini bisa di aplikasikan ke dinas kami,” kata Rikki. 

Mengenai Jatim sebagai tempat untuk studi komparasi, Rikki juga mengatakan bahwa pihaknya sebelumnya juga pernah melihat program-program yang sudah dilaksanakan Provinsi Jatim lewat website dan mendapat masukan dari Pemprov Jambi juga lewat diskusi forum statistik yang ada di Kementerian. 

Kepala Bidang Pengelolaan data Statistik Diskominfo Provinsi Jatim, Rudy Prasetya mewakili Kepala Diskominfo Jatim, saat ditemui menjelaskan bahwa kunjungan Diskominfo Batanghari tersebut untuk sharing bidang statistik yang mana bidang tersebut masih terbilang baru sama halnya di Diskominfo Jatim. 

Pihaknya juga menyarankan perlu adanya payung hukum yang jelas untuk pelaksanaan kegiatan statistik. Selain itu, juga harus ada komukikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Jambi.

“Harus ada  payung hukum yang jelas juga perlu adanya komunikasi dan koordinasi lebih lanjut  dengan OPD-OPD  lain dilingkungan Provinsi Jambi yang menaunginya,” ujar Rudy.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-shi/Kus)