Pengelolaan Arsip Harus Dilaksanakan Secara Baik dan Benar

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Minggu, 22 Oktober 2017 | 22:47 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 379


Bone Bolango, Infopublik – Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Bone Bolango, Syarifudin Uloli menyatakan pengelolaan arsip harus dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai kaidah yang ada akan menghadirkan kemanfaatan besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah dan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Asisten III Syarifudin Uloli saat membuka kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan penyelamatan arsip vital program peningkatan peningkatan kualitas pelayanan informasi tahun 2017 yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Provinsi Gorontalo di Kabupaten Bone Bolango, di ruang Huyula Kantor Bupati, Jumat (20/10).

Menurutnya, ketersediaan arsip secara utuh, otentik dan terpercaya, pada setiap lembaga dan pemerintahan daerah akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi utamanya untuk kemanfaatan penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lain. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bone Bolango Oktavianus SW Rahman, menambahkan peserta kegiatan sosialisasi ini berjumlah 100 orang yang berasal dari pemerintah kecamatan dan beberapa desa, masyarakat, serta pengelola arsip sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kabila, Tilongkabila, Suwawa, dan Tapa.

Oktavianus berharap kegiatan sosialisasi seperti ini agar terus menerus dilaksanakan. Bahkan di tahun 2018 mendatang kiranya untuk Kabupaten Bone Bolango jika memungkinkan agar semua desa diundang, karena mengingat begitu pentingnya persoalan arsip ini.

“Kita sering kali menganggap remeh soal arsip ini, padahal kita di pemerintahan bahkan di swasta tiap hari menghasilkan arsip. Arsip itu ada dua, yakni arsip biasa dan vital,” ujarnya.

Di dalam keluarga, arsip vital itu seperti Akta Kelahiran, STTB, Sertipikat rumah. Apalagi di kantor itu banyak arsip vital yang tiap hari diarsipkan dan itu terus menerus ada.

“Arsip-arsip ini harus kita amankan dan simpan baik-baik,” tandasnya.

Kepala Bidang Kearsipan, DKP Provinsi Gorontalo, Rosnawaty Ishak menjelaskan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan itu dilaksanakan bertujuan sebagai sarana penerapan ilmu dan latihan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan wawasan dibidang kearsipan.

Untuk meningkatkan serta mewujudkan pengelolaan arsip secara andal dan pemanfaatan arsip sesuai dengan ketentuan perundang-undangan khususnya arsip vital, sebagai sarana menjembatani antara instansi atau lembaga untuk bekerjasama lebih lanjut guna mendinamiskan penyelenggaraan kearsipan. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)