Pemko Pematangsiantar Gelar Temu Pers Dengan Suasana Keakraban

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Jumat, 20 Oktober 2017 | 16:33 WIB - Redaktur: Tobari - 481


Pematangsiantar, InfoPublik – Walikota Pematangsiantar Hefriansyah, SE, MM mengemukakan kita sadar tidak mungkin ada demokrasi tanpa adanya kebebasan pers, dan sebaliknya pula hanya dalam negara demokrasi, pers akan menemukan kebebasan.

“Tidak hanya menyampaikan berita, pers juga merupakan penyampai pendapat, kritik dan saran untuk memperbaiki kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara,” katanya dalam temu pers dengan tema "Sinergitas Pemerintah dengan Insan Pers untuk Mewujudkan Kota Pematangsiantar yang lebih mantap maju dan jaya", Jum’at (20/10).

Walikota juga mengatakan, dalam UU Pers no 40 tahun 1999, Pers adalah salah satu pilar pembangunan dalam fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

Pembangunan yang sedang giat-giatnya dilaksanakan, baik oleh pemerintah, masyarakat, maupun swasta, dari tahun ketahun menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan secara demokratis, begitu juga dengan perkembangan dunia pers kita benar-benar memperoleh kebebasan.

Oleh karena itu, pers harus dapat menempatkan diri untuk meanjalankan fungsinya secara objektif dan bertanggungjawab serta independen.

Untuk itu, walikota Hefriansyah mengharap kepada teman-teman wartawan untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat, serta menyampaikan kritik dengan bahasa yang elegan, santun dan konstruktif kepada pemerintah.

Sehingga pembangunan dan pelayanan masyarakat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan sekaligus akan membawa pengaruh positif dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik. 

Walikota Hefriansyah juga megharapkan kepada para insan pers agar selalu mengedepankan kode etik jurnalistik yang pastinya rekan-rekan pers sudah lebih perpengalaman dalam penerbitan berita dan informasi.

“Apabila ada tutur kata saya yang tidak sesuai dalam menyampaikan informasi agar diperbaiki, sebab saya juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan," katanya.

Acara temu pers ini, dibuka Walikota Hefriansyah, SE, MM didampingi Plt. Sekda Drs. Resman Panjaitan dan kabag humas dan protokoler Gilbert Ambarita, SH, yang dilaksanakan di ruang data jalan Merdeka no.6 berlangsung dalam suasana keakraban

Pada kegiatan temu pers kali ini diisi laporan capaian kinerja hingga bulan September 2017 dari badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) yang disampaikan langsung oleh kepala pelaksana Drs. Daniel Siregar dan Satpol PP disampaikan Kepala satuan (Kasat) Drs. Robert Samosir,  dihadapan para asisten, staf ahli dan beberapa pimpinan organisasi prangkat daerah (OPD) dan para insan pers dari berbagai media yang memenuhi ruangan.(Humas/C1/C2/toeb).