Peringatan HSN 2017 di Garut Terpusat di Alun-Alun Otista

:


Oleh MC Kab Garut, Jumat, 20 Oktober 2017 | 10:18 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 612


Garut, Infopublik - Jelang peringatan Hari Santri Nasional 2017, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Garut menyiapkan susunan acara yang rencananya digelar pada 22 Oktober 2017.

Ketua PCNU Kabupaten Garut, KH Rd Amin Muhyidin Maulani, menyatakan agenda kegiatan ini akan mendorong kegiatan santri untuk mengikuti upacara di Alun-Alun Otista Kabupaten Garut.

Upacara pada peringatan HSN ini, dilaksanakan dengan harapan untuk memasyarakatkan santri dan mensantrikan masyarakat.

“Kedepan stigma masyarakat terhadap santri tidak lagi digambarkan sebagai wadah spiritual dan pendidikan. Akan tetapi, mengikuti perkembangan pemikiran generasi milenial, santri harus dihadapkan dengan kondisi kekinian,” ungkap Ketua PCNU Garut, Kamis (19/10).

Oleh karena itu, kata Ceng Mimin sapaan akrab Amin Muhyidin Maulani, rangkaian acara akan dimulai dengan menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 yang dipusatkan di Alun-Alun Otista Kabupaten Garut. Karena keterbatasan lokasi, para pengurus pondok pesantren di daerah bisa melaksanakan upacara di masing-masing kecamatan.

Tema hari santri nasional 2017 tahun ini adalah Santri Mandiri, NKRI Hebat. Artinya, para santri tidak terlepas dari perjuangan kemerdekaan dan di era saat ini santri menjadi bagian dari pembangunan Indonesia.

Selain itu mengingatkan kembali, bahwa ulama adalah orang-orang yang berjuang di jalan agama melalui ilmu. Mereka adalah orang-orang yang mewarisi Nabi dalam menjaga dan mensyiarkan ilmu agama agar tetap berpegang pada kebenaran diatas Al-Quran dan As-Sunnah, pungkasnya.