Hamim Pou: Membangun Kesehatan Seutuhnya Urusan Bersama

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 20 Oktober 2017 | 01:40 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 442


Bone Bolango, Infopublik - Membangun kesehatan seutuhnya tidak boleh dilakukan secara parsial. Seolah-olah urusan kesehatan itu hanya urusan Dinas Kesehatan (Dinkes) maupun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Akan tetapi membangun kesehatan seutuhnya merupakan urusan bersama. Karena tujuan negera ini didirikan juga untuk kesejahteraan. Sejahtera itu tidak sekedar ekonominya, tapi bagaimana juga sehat seutuhnya.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Bone Bolango Hamim Pou disela memberikan sambutan pada penerimaan dan penyambutan  tim verifikasi lapangan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, di ruang Galery Penataan Ruang Kabupaten Bone Bolango, Kamis (19/10).

Bupati Hamim Pou menyampaikan, pemerintah daerah tentu sangat menyambut baik pemerintah pusat telah memberi perhatian khusus kepada Kabupaten Bone Bolango. Untuk mewujudkan KKS di daerah ini, Kabupaten Bone Bolango satu-satunya di Provinsi Gorontalo yang langsung didatangi dan dikunjungi serta dilakukan penilaian atau pembinaan oleh tim Kemenkes RI.

“Ada beberapa daerah di Provinsi Gorontalo, tapi kita yang di Bone Bolango yang langsung dikunjungi oleh tim verifikasi lapangan KKS Pusat, Kemenkes RI,” ujar Hamim Pou.

Hamim mengatakan pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango dalam rangka membangun budaya hidup sehat, ada beberapa hal yang sudah dilakukan. Salah satunya adalah sudah menerbitkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR).

Selain itu, tahun ini Kabupaten Bone Bolango telah meraih piala Adipura. Kemudian sudah memiliki Perda Kawasan Konservasi, dan ada juga Perbup tentang larangan menebang pohon sembarangan.

Disamping itu, Pemkab Bone Bolango juga mendukung apa yang telah di launching oleh pemerintah pusat, yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Kemudian pemerintah daerah juga telah mendorong terbentuknya Forum KKS Bone Bolango dan didukung dengan pengalokasian anggaran lewat APBD. 

Hamim mengungkapkan apa yang dilakukan ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban bersama untuk menumbuhkan dan membudayakan hidup sehat.

“Itu beberapa hal yang sudah kita lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Bone Bolango ini sebagai kabupaten sehat,” ungkapnya. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)