Tim Verifikasi KKS Kemenkes Kunjungi Bone Bolango

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 20 Oktober 2017 | 01:35 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 720


Bone Bolango, Infopublik - Tim verifikasi lapangan Kabupaten Kota Sehat (KKS), Kementerian Kesehatan RI melakukan kunjungan ke Kabupaten Bone Bolango, Kamis (19/10).

Kedatangan tim verifikasi pusat ini disambut oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, Ketua Forum KKS Bone Bolango Yuriko Kamaru bersama pengurus, dan jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bone Bolango, di ruang Galery Penataan Ruang Bone Bolango.

Ketua tim verifikasi lapangan Kemenkes RI, Adelina Hutauruk didampingi tim lainnya Astvi Syativa, mengatakan penyelenggaraan KKS pada intinya bertujuan untuk mewujudkan kondisi kabupaten/kota yang bersih nyaman, aman dan sehat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan berbasis masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota secara berkesinambungan.

“Program KKS bukanlah hanya tanggung Jawab sektor kesehatan namun merupakan program multi sektor, sehingga diperlukan peranan semua lintas sektor/OPD di kabupaten/kota secara berkesinambungan,” katanya.

Adelina menyampaikan proses pemberian penghargaan KSS tahun 2017 ini diikuti oleh 173 kabupaten/kota dari 26 provinsi. Proses tersebut telah mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2015 yang mana diikuti oleh 147 kabupaten/kota dari 23 provinsi.

Menurutnya, verifikasi yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali bukanlah untuk memilih juara atau pemenang. Namun merupakan verifikasi atas kinerja pemerintah bersama masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dengan pendekatan KKS.
Sehingga penghargaan bukanlah tujuan akhir dari penyelenggaraan KSS, namun yang terpenting adalah adanya hubungan kemitraan yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di daerah. 

Dijelaskannya, sesuai surat Menteri Dalam Negeri Nomor 440/7058/Bangda Tanggal 5 oktober 2017 tentang Kunjungan Lapangan dalam Rangka Pembinaan Penyelenggaraan KKS tahun 2017, maka pihaknya selaku Tim Pembina KKS Pusat akan melakukan kunjungan lapangan sekaligus pembinaan pada kabupaten/kota yang belum lolos dari verifikasi bedah dokumen.

Adelina menyebutkan, pada tahun 2017 dari 173 kabupaten/kota yang mengirimkan dokumen terdapat 78 kabupaten/kota yang lolos verifikasi bedah dokumen dan sudah dilakukan verifikasi kunjungan lapangan.

Berdasarkan analisis, evaluasi dan mapping di lapangan, maka perlu dilakukan kunjungan lapangan dalam rangka pembinaan ke 95 kabupaten/kota lainnya. Dari hasil evaluasi diperoleh 70 kabupaten/kota akan di lakukan kunjungan lapangan sekaligus pembinaan oleh Tim Pembina Pusat, termasuk di Kabupaten Bone Bolango.

Pantauan dilokasi usai diterima Bupati Hamim Pou secara resmi di ruang Galery Penataan Ruang Kabupaten Bone Bolango, tim verifikasi lapangan pusat ini langsung melakukan kunjungan verifikasi, yakni di Kecamatan Suwawa, Botupingge, Kabila Bone, dan Kecamatan Bone. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)