Pacu Produksi Kedelai, Agam Siapkan Lahan 475 Hektar

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 19 Oktober 2017 | 09:15 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 341


Lubuk Basung, InfoPublik - Guna mengenjot produksi tanaman kedelai, Pemerintah Kabupaten Agam menyiapkan lahan seluas 475 hektare untuk perluasan areal tanam di empat kecamatan.

"Untuk memacu peningkatan produksi kedelai dengan areal seluas 475 hektar akan dikembangkan untuk penananam kedelai tahun 2017, dibanding tahun 2016 luas tanam kedelai seluas 54,7 hektar dengan produksi 18 ton," ujar Sekretaris Dinas pertanian Kabupaten Agam Arief Restu didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan Zul Efendi, di Lubuk Basung, Selasa(17/10).

Diyakinkan Arief Restu, penambahan areal tanam ini diharapkan meningkatkan produksi kedelai di kabupaten Agam, yang pengembangannya akan difokuskan di empat kecamatan itu, yakni Kecamatan Tanjung Raya seluas 104 hektar, Tanjung Mutiara 131 hektar, Palupuh 115 hektar dan Kecamatan Palembayan 125 hektar.

"Diharapkan para petani penerima manfaat pengembangan kedelai ini nantinya akan dibantu berupa benih, pupuk urea, pestisida dan lainya yang sesuai dengan diperuntukannya," jelas Arief Restu lagi.

Arief berharap, hasil panen kedelai ini nantinya akan dikelola dan dikembangkan kembali oleh petani sebagai benih untuk ditanam, sehingga luas tanam kedelai di Kabupaten Agam terus bertambah dan petani tidak kesulitan untuk mendpatkan benih kedelai yang baik. (mcagam/elvira)