Kemenag Kampar Buka Manasik Haji Tingkat RA Se- Kabupaten Kampar

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 19 Oktober 2017 | 09:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 263


Bangkinang, InfoPublik  – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, membuka secara resmi acara manasik haji tingkat Raudhatul Athfal (RA) se Kabupaten Kampar, hari Rabu (18/10) di Komplek Masjid Jami’ Al-Ihsan Markas Islami Kabupaten Kampar.

Dalam arahannya Alfian memberikan apresiasi kepada para panitia yang telah sukses melaksanakan acara manasik haji tahun ini. Karena acara ini sangat besar manfaatnya, selain memberikan pengetahuan dan pendidikan kepada anak-anak usia dini tentang pelaksanaan ibadah haji, juga akan menanamkan nilai-nilai pendidikan dengan baik ke dalam jiwa anak-anak peserta didik, proporsional antara pembelajaran dan pendidikan, serta memprioritaskan pendidikan akhlak dan moral. Inilah pendidikan karakter yang sesungguhnya.

Lebih lanjut Alfian mengatakan,  teruslah buat acara ini setiap tahunnya. Karena dengan kegiatan peragaan manasik haji ini kita telah memperkenalkan rukun Islam yang ke 5 sejak dini. Melalui peragaan-peragaan yang kita lakukan saat ini, anak-anak kita lebih mengenal tidak hanya tahu teorinya saja tetapi juga  mengerti prakteknya, ungkap Alfian.

Kegiatan ini juga bisa memberikan pemahaman baik kepada anak-anak dan juga orang tua, karena orang tua bisa langsung menyaksikan kegiatan anaknya dan juga sebaliknya anak melihat orang tuanya ikut dalam kegiatan ini.

Mudah-mudahan dengan dilatihnya tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, mulai dari rukun haji, syarat haji, wajib haji, sunah haji, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji, dapat menambah ilmu dan wawasan kita, sehingga jika kita dipanggil oleh Allah Swt dalam menunaikan ibadah haji, kita sudah ilmu tentang manasik haji, ungkap Alfian.(MC Riau/Ajep/eyv)