Menko Perekonomian: Pertumbuhan Ekonomi Stabil, Inflasi Terkendali

:


Oleh Reporter, Rabu, 18 Oktober 2017 | 10:18 WIB - Redaktur: Juli - 236


Jakarta, InfoPublik -  Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menegaskan ekonomi Indonesia terus menunjukkan perbaikan yang menggembirakan.

Hal itu menurutnya ditunjukkan dari berbagai indikator ekonomi, antara lain: kemiskinan yang menurun, pertumbuhan ekonomi yang stabil, inflasi terkendali, ketimpangan pendapatan menurun dan pengangguran yang juga menurun.

“Untuk inflasi, tiga tahun terakhir selalu di bawah persen,” kata Darmin Nasution dalam paparan tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla di Bina Graha, Selasa (17/10).

Dalam konferensi pers yang diinisiasi Kantor Staf Kepresidenan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Menko Darmin didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf. Acara dipandu Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi.

Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi yang tadinya melambat, kini berbalik lebih cepat lagi. "Kita berharap bergerak ke 5,2 persen. Syukur-syukur  lebih sedikit,” katanya.

Pondasi ekonomi kita, lanjut Darmin, sangat bagus. Ini jadi modal dasar bagi perekonomian ke depan. Terlebih dari sisi infrakstruktur, kini sudah merata di seluruh  Indonesia.

Dari sisi inflasi, kata Darmin, pemerintah berhasil mengelola dengan baik. “Sejarah ekonomi Indonesia, sebelum krisis 1998, inflasi kita selalu double digit. Setelah krisis eknomi, inflasi pelan-pelan menurun. Tiga tahun terakhir selalu di bawah 4 persen,” jelasnya.

Darmin optimistis, inflasi akan terus menurun hingga 3,5 persen plus minus 1. “Di pemerintah mendatang, bila terus terjaga bisa jadi 3 persen, lalu 2 persen plus minus 1. Saat itu, kita bisa sejajar dengan negara maju yang lain,” tegas Darmin. (KSP)