Cibinong, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Bogor bersama dengan Badan Informasi Geospasial, menggelar acara temu kerja dalam rangka kegiatan delineasi batas desa/kelurahan secara kartometrik di Kabupaten Bogor. bertempat di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (16/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala Desa dan Lurah serta para Camat se-Kabupaten Bogor. Acara dibuka oleh Staf Ahli Badan Informasi Geospasial  Kusumo Widodo, yang menjelaskan bahwa forum temu kerja ini merupakan bagian awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan berikutnya.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya program tersebut, nantinya Pemerintah Kabupaten Bogor atau dalam hal ini seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bogor akan memiliki peta garis batas desa/kelurahan berbasis citra tegak satelit resolusi tinggi atau foto udara.

Keberadaan peta garis batas desa/kelurahan tersebut, nantinya dapat dijadikan sebagai bahan dalam penataan wilayah dan rencana pembangunan di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Politik Hukum dan Kesra Kabupaten Bogor Azzahir menyampaikan apresiasi kepada Badan Informasi Geospasial yang telah memprogramkan kegiatan delineasi batas desa/kelurahan di Kabupaten Bogor tahun anggran 2017.

Untuk itu, ia juga menyampaikan kepada para peserta temu kerja untuk dapat sama-sama berkomitmen dalam menguatkan sinergitas, guna menjamin harmonisasi program dan memastikan terselenggaranya seluruh kegiatan penetapan dan penegasan batas-batas desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bogor.

“Semoga implementasinya nanti benar-benar  mampu mendukung upaya penguatan dan peningkatan pembangunan pedesaan, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” tegas Azzahir.

Di tempat yang sama, Deni Ardiana selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong upaya percepatan penegasan dan penetapan batas desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolik peta Kabupaten Bogor dan Merchandise oleh Badan Infomasi Geospasial kepada Pemerintah Kabupaten Bogor. (Agung/Diskominfo Kab.Bogor/toeb)