Malang, InfoPublik - Hadirnya pameran Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) PT. HM Sampoerna Tbk di Taman Krida Budaya Jatim (TKBJ), Minggu (15/10) menjadi harapan bagi masyarakat Kota Malang untuk maju dalam berwirausaha.

Wakil Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengungkapkan, sejak terpilih memimpin Kota Malang bersama H. Moch Anton, yang menjadi fokus pembangunan adalah di bidang ekonomi. Untuk itu, peran swasta seperti PT. HM Sampoerna Tbk yang menginisiasi pameran produk PPK di TKBJ ini bagus dan patut didukung.

“Bersama dengan Abah Anton (Wali Kota Malang), kami terus mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan. Kami berharap apa yang dilakukan PT. HM Sampoerna Tbk ini tidak berhenti di sini saja, namun terus berlanjut,” harap Sutiaji.

Sutiaji menambahkan, pembangunan ekonomi sangat penting, karena kemiskinan akan mendekatkan seseorang kepada kekufuran. Manusia tidak akan kuat kalau menjadi manusia yang tergantung, demikian juga negara tidak akan kuat jika bergantung kepada negara yang lain.

“Membangun ekonomi sangat penting agar bisa mandiri. Begitu pun dengan Kota Malang yang mengusung tekad menjadi kota yang bermartabat,” tegas Sutiaji.

Dengan segala potensi yang dimiliki, Sutiaji menjelaskan manusia memiliki peluang dan kemampuan untuk mandiri, karena sudah diciptakan Tuhan sebagai khalifah (pemimpin). Tinggal bagaimana mau atau tidak seseorang untuk mandiri dan meraih sukses.

Kalau di Kota Batu identik sebagai kota wisata buatan, di Kabupaten Malang sebagai daerah wisata alam. Sedangkan di Kota Malang berpotensi menjadi kota destinasi  budaya ekonomi kreatif. Berbeda dengan kota wisata buatan dan alam yang bisa habis, kota kreatif tidak akan pernah ada habisnya dengan digali dan digali.

Sementara itu, Manajer PT. HM Sampoerna Tbk, Arief Triastika mengungkapkan, PT. HM Sampoerna Tbk sudah sembilan kali menggelar produk pameran PPK. Namun di Kota Malang ini pameran yang sangat mengesankan karena disambut dengan antusias oleh masyarakat.

“Kami bangga bisa menggelar pameran di Kota Malang. Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk memajukan ekonomi, khususnya kelompok UMKM,” terang Arief.

Melalui kegiatan ini, PT. HM Sampoerna Tbk ingin memberikan kontribusi nyata untuk membangun pengembangan UMKM agar memiliki daya saing. Hal ini juga dilakukan secara konsisten oleh PT. HM Sampoerna Tbk sejak 10 tahun lalu. PT. HM Sampoerna Tbk sudah menggelar berbagai pelatihan dengan berbagai kegiatan, seperti di bidang pertanian terpadu, kejuruan tepat guna dan berbagai bidang usaha lain. (mc.kota malang/cah/ram/eyv)