Menhub Cek Kesiapan Bandara Silangit Terima Penerbangan Internasional

:


Oleh Dian Thenniarti, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 22:07 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan Bandara Silangit yang akan menerima penerbangan internasional pada 28 Oktober 2017 mendatang. 

"Pada 28 Oktober 2017, Pesawat dari Singapura sudah dapat mendarat di bandara Silangit dan ini merupakan penerbangan internasional pertama yang direct (langsung) ke Bandara Silangit," jelas Menhub, Sabtu (14/10). 

Menurut Budi Karya, untuk mendukung beroperasinya rute penerbangan internasional, telah dilakukan pengembangan prasarana yaitu pelebaran runway menjadi 45 meter.

"Akan dilakukan pelebaran runway dari panjang 2650 meter dan lebar 30 meter menjadi panjang 2650 meter dan lebar 45 meter, selain itu juga pembuatan drainase serta pelebaran apron," papar Menhub.

Dalam pengecekkannya, Menhub juga melihat langsung fasilitas yang disiapkan untuk dibukanya penerbangan internasional di bandara Silangit.

"Tadi saya sudah mengecek kesiapan fasilitas-fasilitas disini (bandara Silangit) yaitu ruang keberangkatan, kedatangan, imigrasi, bea cukai, kesehatan, sampai karantina," ujar Menhub.

Saat ini, di bandara Silangit sudah terdapat empat maskapai yang melayani rute domestik diantaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya, Wings Air dan Susi Air. Pada 28 Oktober 2017 maskapai Citilink juga akan membuka rute penerbangan ke Silangit.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, nantinya maskapai Garuda Indonesia akan membuka jadwal tiga kali dalam seminggu dengan rute Singapura-Silangit.

Dengan beroperasinya penerbangan rute internasional di bandara Silangit, Menhub berharap akan menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Silangit dan juga berwisata ke Danau Toba.

"Saya optimis jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Danau Toba akan jauh lebih banyak lagi setelah bandara Silangit menjadi bandara internasional," ujar Menhub.

Dalam kunjungannya, Menhub menyempatkan untuk berinteraksi dengan beberapa penumpang di bandara Silangit. Mereka menyambut baik adanya penerbangan dari bandara Silangit.

"Suatu hal yang menggembirakan melalui apresiasi masyarakat terhadap bandara Silangit. Mereka yang tadinya harus menempuh perjalanan sampai tujuh jam menuju bandara Kualanamu, dengan adanya bandara Silangit mereka tidak perlu berlama-lama untuk menuju bandara," jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, bandara Silangit telah mampu menumbuhkan semangat usaha dari masyarakat. Hal ini dilihat banyaknya rumah makan yang ada disekitar bandara.

"Saya lihat tadi saudara-saudara kita di tanah batak sangat kreatif, tumbuh rumah makan yang bagus dan inovatif. Ini menunjukkan ada suatu kegairahan masyarakat yang menyambut adanya bandara Silangit," imbuh Menhub.