Sumsel Pertama Terapkan JIPP di Sumatera

:


Oleh MC Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 05:35 WIB - Redaktur: Tobari - 977


Palembang, InfoPublik – Pemerintah provinsi Sumsel saat ini bekerjasama dengan tiga lembaga kementerian membentuk Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP), sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik. Sumsel sendiri merupakan provinsi pertama yang melakukan ini di wilayah Sumatera.

Adapun tiga lembaga yang dimaksud, yakni Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Pemerintah Provinsi Sumsel, dan Deutsche Gesellschafttfur Internationale Zusammenarbeit GambH (GIZ). 

JIPP adalah simpul kerjasama antar lembaga yang mempunyai minat dalam pengembangan inovasi pelayanan publik. Anggota jaringan terdiri dari kementerian, pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga mitra pembangunan. 

Salah satu percepatan implementasi layanan aspirasi ini berupa pengaduan online rakyat (Lapor). 

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian  Tim Kementerian PAN RB Republik Indonesia dan Jajaran dari GIZ ataupun Tranformasi untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus bekerjasama dengan Provinsi Sumsel.

Kunjungan kerja ini tentunya akan menjadi momentum dan memberikan makna yang sangat besar bagi kami dalam rangka melakukan percepatan pembangunan khususnya pembangunan JIPP untuk mempromosikan inovasi di tingkat daerah.

“Dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di Daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel," ungkapnya di sela lokakarya JIPP di Sumsel 2017 di Graha Bina Praja, Kamis (12/10).

Menurutnya, Pelayanan Publik di Provinsi Sumsel telah dilaksanakan dengan sebak baiknya baik mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah dengan prioritas, yaitu kreativitas, dan inovasi teknologi. 

Pelaksanaan Pelayanan Publik dilakukan dengan strategi mempromosikan dan memfasilitasi replikasi praktik baik dalam pemberian pelayanan publik. Innovative practices in public service delivery ini meningkatkan pertukaran pengetahuan antar Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota, tuturnya .

Untuk kualitas pelayanan publik di Sumsel sendiri, diakui Nasrun tergolong terbaik, mengingat capaian prestasi yang berhasil diraih di antaranya, memperoleh penghargaan tahun 2014 "Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Indonesia”'.

Serta dikirim untuk kompetisi Internasional United Nation Public Services Award tahun 2015, yaitu pelayanan Serambi Difusi lptek di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. 

Lebih-lebih Sumsel memperoleh penghargaan "Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Indonesia" tahun 2015, yaitu Gerbang Serasan (gerakan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang) Pemerintah Kabupaten Muara Enim," katanya. (MC Diskominfo Prov.Sumsel/TM.AM/toeb)