Jalan Tol Padang-Pekanbaru Ruas Padang-Sicincin Segera Dibangun

:


Oleh MC Kabupaten Padang Pariaman, Jumat, 13 Oktober 2017 | 11:02 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Parit Malintang, InfoPublik - Jalan Tol Padang-Pekanbaru Ruas Padang-Sicincin segera dimulai pembangunannya. Rencana ini telah lama dipersiapkan Pemerintah Pusat seiring dengan terbitnya Perpres RI Nomor 117 Tahun 2015 sebagai revisi Perpres Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Jalan Tol Ruas Padang-Sicincin merupakan salah satu ruas yang masuk dalam pengerjaan Jalan Tol Padang-Pekanbaru.

Pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru yang dirancang sepanjang 240 kilometer yang awalnya direncanakan mulai pada 2018 atas instruksi Presiden Joko Widodo dipercepat akhir tahun 2017 ini.

Ruas tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru akan terhubung dengan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari ASEAN Highway. Tol ini akan memperpendek waktu tempuh dari antara 8-10 jam menjadi 3-4 jam.

Berdasarkan informasi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan ground breaking pembangunan ruas Padang-Sicincin pada tanggal 12 Oktober 2017.

Rapat persiapan pun digelar secara maraton. Mulai rapat yang digelar Gubernur Sumbar pada tanggal 3 Oktober 2017, kemudian dilanjutkan rapat di kantor Bupati Padang Pariaman mulai tanggal 4 sampai dengan 11 Oktober 2017.

Rapat persiapan ground breaking diiringi rapat dan konsultasi publik pembangunan jalan tol bersama OPD terkait, Camat, Wali Nagari, Wali Korong, Ketua KAN, tokoh masyarakat serta pemilik lahan silih berganti dilakukan.

Bersamaan dengan itu, datang meninjau lokasi ground breaking Dirut PT. Hutama Karya tanggal 4 Oktober, Wagub Nasrul Abit tanggal 7 Oktober, Danrem Wirabraja tanggal 9 Oktober, Polisi Militer Korem tanggal 10 Oktober. Terakhir, Sabtu (14/10) nanti dijadwalkan Menteri BUMN Rini Soemarno akan meninjau lokasi ground breaking.

Sebelumnya, malam tanggal 10 Oktober, diperoleh informasi dari Bupati Ali Mukhni bahwa kedatangan Presiden  di Sumbar diundur.

Menyikapi informasi tersebut, Bupati Ali Mukhni meninjau kesiapan lokasi ground breaking di depan kantor Bupati Padang Pariaman. Dari pihak PT. Hutama Karya diperoleh informasi bahwa ground breaking ditunda namun persiapan pembangunan jalan tol tetap dilakukan oleh HK.

Dari pantauan di lapangan, pekerja HK meratakan dan membersihkan lokasi ground breaking serta membangun base camp yang terletak di belakang proyek pembangunan Mesjid Raya Padang Pariaman.

Bupati Ali Mukhni, Rabu (11/10), menjelaskan bahwa berdasarkan informasi Menteri PUPR, jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru bakal memiliki rute yang cukup panjang. Karena itu, pemerintah akan menyiapkan rest area dalam jumlah yang cukup banyak.

"Keberadaan rest area ini akan mengakomodir usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat. Sehingga kehadiran jalan tol meskipun penting untuk mempercepat mobilitas barang dan jasa, namun tidak mematikan ekonomi UMKM," ujar Ali Mukhni, didampingi Wabup Suhatri Bur, Kepala Bapelitbangda Ali Amran, Kadis Komimfo Zahirman dan Kabag Humas dan Protokol Andri Satria Masri.

"Jadi, kekhawatiran masyarakat terhadap jalan tol yang membatasi akses masyarakat dan tidak mendapat manfaat dari jalan tersebut, insyaallah tidak terjadi," kata Ali Mukhni.

Bupati dua periode itu menambahkan, pihak Pemkab Padang Pariaman akan memprioritaskan keuntungan keberadaan jalan tol untuk masyarakat di sekitar jalan tol dan pemilik lahan.

Terkait dengan permintaan masyarakat agar dibuatkan jalan alternatif atau arteri di samping jalan tol juga menjadi pemikiran peraih Satya Karya Pembangunan itu bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (MC Padang Pariaman/toeb)