Pemkab Agam Beri Bimbingan Kepada 20 Anak Terlantar

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 13 Oktober 2017 | 11:04 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 370


Agam, InfoPublik-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat, memberikan bimbingan kepada 20 anak terlantar agar kembali ke sekolah melanjutkan pendidikan demi masa depannya.

"Ke- 20 anak terlantar dan putus sekolah itu dari tingkatan SD dan SMP," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra, didampingi Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Zulfi Ernawati di Lubuk Basung, Kamis (12/10).

Anak yang mendapat pembinaan ini diberi bimbingan di Loka Bina Karya, Kecamatan Matur, dengan melibatkan Polres Agam, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam.

"ini akan memotivasi mereka agar mau kembali melanjutkan pendidikan, sehingga bisa menjadi orang yang berguna di kemudian hari," tuturnya.

Setidaknya mereka bisa mengikuti paket B dan A. Pihaknya akan memfasilitasi mereka ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan apabila mereka mau melanjutkan pendidikannya. Saat ini jumlah anak terlantar di Agam sekitar 400 orang, dan sekitar 100 orang putus sekolah. Faktor mereka tidak sekolah akibat ekonomi dan ikut membantu orang tua dalam memenuhui kebutuhan sehari-hari.

Selain memberikan bimbingan sosial untuk anak terlantar dan putus sekolah, Dinas Sosial juga memberikan pelatihan keterampilan menjahit bagi 10 penyandang disabilitas, pada Agustus 2017. Setelah dilatih mereka mendapatkan bantuan satu unit mesin jahit. Program ini untuk membuka lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas. (mcagam/eyv)