Enrekang, InfoPublik - Festival Bawang Merah Nasional (FBMN) bakal dilangsungkan secara meriah oleh Pemkab Enrekang, 14-15 Oktober mendatang. Tak tanggung-tanggung, Dinas Pertanian (Distan) siap menyambut sebanyak 1.665 petani dari seluruh nusantara.

Jumlah itu termasuk para petani lokal yang berada di kawasan Enrekang, 100 orang. Ditambah petani-petani dari sentra bawang merah nasional, seperti Brebes, Bima, Nganjuk yang berjumlah 30 orang.

Sementara 35 orang lainnya perwakilan dari Dinas Pertanian provinsi Sulsel. Sisanya, 1500 petani lainnya ditargetkan bakal memenuhi lokasi acara di Lapangan Andi Liu, Kecamatan Anggeraja.

Kepala Distan Enrekang, Arsil Bagenda optimis gelaran akbar perdana itu bisa menjadi titik balik perekonomian petani bawang merah.

Menurutnya, hadirnya para petani dari berbagai daerah bisa menjadi sumber berbagi pengalaman maupun wawasan terkait komoditas eskpor itu.

"Acara ini istimewa karena pertama kalinya di Kabupaten Enrekang. Kita pertemukan semua petani untuk bisa sharing dan bertukar pengalaman. Ada juga nanti sesi workshop atau seminar buat para petani bawang merah," jelas Arsil.

Selain itu, FBMN itu bakal menghadirkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman. Acaranya dimeriahkan pula dengan pemasaran hasil pertanian tingkat nasional.(MC-Enrekang/Kus)