Mendagri Inspektur Upacara Hari Jadi Ke-72 Pemprov Jatim

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 12 Oktober 2017 | 18:09 WIB - Redaktur: Tobari - 317


Surabaya, InfoPublik – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjadi inspektur Upacara Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur, yang berlangsung  di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10).

Dalam amanatnya Mendagri menyampaikan atas nama Presiden Joko Widodo mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur kepada pemerintah dan masyarakat Jawa Timur  atas segala pengabdiannya, dedikasi untuk menggerakan masyarakat, memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah yang ada di Jawa Timur.  

Menurutnya, upacara Hari Jadi Jawa Timur ini mencerminkan tingginya komitmen untuk bersatu, bergotong royong membangun Jawa Timur yang lebih baik dibandingkan hari ini.

Peringatan Hari Jadi ke-72 Prov Jawa Timur 2017 merupakan sebuah momentum berharga bagi pengambil kebijakan di provinsi ini, untuk kembali melakukan evaluasi atas capaian kinerja yang telah berhasil diraih oleh seluruh daerah.

Khususnya di bidang peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan daya saing daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya, keberhasilan di seluruh daerah di Jawa Timur dalam masa yang akan datang banyak ditentukan oleh berbagai persyaratan, terutama kemampuan bersama untuk dapat mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) serta mengeliminasikan timbulnya keterbatasan dan hambatan-hambatan yang ada.

Oleh karena itu, agenda prioritas nasional “Nawa Cita” yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia serta dapat mewujudkan pembangunan Indonesia yang berdaulat, madiri, berkepribadian yang berlandaskan gotong royong.

Untuk itu, diharapkan  pemerintah Provinsi Jawa Timur mampu menyelesaikan berbagai agenda strategis nasional yang ada di Jawa Timur. Termasuk program-program prioritas Jawa Timur dan program-program yang menjadi agenda dan janji politik Gubernur, bupati, dan walikota sampai ke tingkat desa dan kelurahan yang ada.

Dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Tahun 2014-2019, visi dan misi pembangunan yang pertama adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Meningkatkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri, berdaya saing, berbaisis agrobinis, agro industri dan industrialisasi.    

Selain itu meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan dan penataan ruang, meningkatkan reformasi birokrasi dan pelayanan publik, meningkatkan kualitas kesolehan sosial dan harmonisasi sosial.

Tentunya visi dan misi ini diharapkan bisa mampu menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar masyarakat Jawa Timur yang telah tertera dalam RPJMD.  Antara lain pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan lainnya.

Pada upacara Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur 2017, Presiden  Joko Widodo juga telah menganugerahkan penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha kepada Provinsi Jawa Timur, yang tercacat sebagai provinsi yang telah menunjukkan prestasi tertinggi dalam kinerja pembangunan nasional.

Dengan penganugrahan  tersebut, diharapkan dapat merangsang provinsi-provinsi lain untuk mempercepat pemerataan pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha ini juga, diharapkan dapat merangsang seluruh kepala daerah khususnya Jawa Timur dan Indonesia umumnya, untuk terus membangun inovasi-inovasi, sinergi pembangunan, konektivitas pembangunan dalam upaya mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu juga membangun kebersamaan serta sinergi positif di antara semua pemangku kepentingan.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-ryo/toeb)