Getuk Gaplek Khas Kabupaten Batang

:


Oleh MC Kabupaten Batang, Kamis, 12 Oktober 2017 | 15:16 WIB - Redaktur: Tobari - 997


Batang, InfoPublik - Kalau membicarakan soal makanan, Kabupaten Batang memang memiliki potensi yang besar di bidang kuliner. Beberaapa makanan khas Batang seperti Opak, Keripik kecimpring, Serabi Kalibeluk, dan lain-lain, sudah menjadi icon Kabupaten Batang.

Di Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, agar jenis makanan trasional yang bisa membuat penikmatnya seperti berada di era tahun 90an. Makanan yang terbuat singkong dengan pengolahan ditumbuk sehingga halus dan kenyal ini akrab disapa Getuk Gaplek, demikian Media Center Kabupaten Batang melaporkan, Kamis (12/10). 

Getuk gaplek khas kecamatan Bawang memiliki bentuk yang tidak sama dari biasanya, kalau  biasanya bentuk dari getuk itu adalah kotak, maka getuk gaplek ini memiliki bentuk bulat pipih dengan lebar berdiameter 25cm dan ketebalan 4cm.

Dengan serat yang begitu padat, Getuk Gaplek ini acap kali dijadikan makanan penunda lapar atau makanan pengganti makan malam.

Getuk gaplek khas Bawang ini memiliki dua varian rasa, yaitu rasa Original dan Rasa Gula merah. Harga yang di tawarkan juga sangat murah, yaitu mulai dari Rp3.000 hingga Rp7.000 per pcs. Biasanya getuk gaplek ini di pesan untuk disuguhkan dalam acara-acara khusus seperti pernikahan, hajatan, acara keluarga, arisan, dan lain-lain.

Rupanya, penggemar makanan khas Bawang ini juga sudah banyak, karena masyarakat dari  Kabupaten Banjar Negara, Kabupaten Wobosobo, dan banyak dari kota-kota lain, rela pergi jauh-jauh ke Kecamatan Bawang hanya untuk membeli makanan tradisional getuk gaplek ini.

Paling enak  menyantap getuk gaplek ini saat pagi atau sore hari dengan ditemani kopi hitam khas Kabupaten Batang, seperti kopi dari desa Tombo atau kopi dari Kecamatan Limpung atau dilumuri parutan kelapa atau santan sambil bersantai bersama teman, kerabat, saudara, keluarga, atau orang tercinta.

Getuk gaplek ini tahan hingga 7 hari tanpa pengawet buatan. Makanan ini juga bisa di santap langsung atau dengan cara digoreng terlebih dahulu. Dua cara ini terbilang favorit karena biasa dilakukan penikmatnya tanpa mengubah rasa asli dari getuk gaplek ini.

Penjual getuk gaplek ini terbilang cukup banyak di sekitar pasar Bawang, tapi produsen makanan tradisional ini hanya bisa ditemukan di Kecamatan Bawang dan satu-satunyaa di Kabupaten Batang. Jika ingin menjumpai produsen getuk gaplek ini, anda bisa bertanya pada penjual yang ada di sekitar pasar Bawang ini. (MC Batang Jateng/Chacha/toeb).