Kartu Tani Atasi Masalah Terkait Pertanian

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:28 WIB - Redaktur: Tobari - 281


Sleman, InfoPublik – Kepala Desa Sukoharjo, Hadi Subronto, menyerahkan Kartu Tani untuk para petani Desa Sukoharjo pada Senin (9/10), di Aula Balai Desa Sukoharjo Ngaglik. Kita semua telah masuk era digital untuk itu, semua harus bisa mengikuti perkembangannya.

Kini semua pelayanan satu demi satu sudah memanfaatkan elektronik. Termasuk para petanipun sudah harus melek elektronik karena ke depan sudah serba digital, mau tidak mau, suka tidak suka harus menggunakannya.

Para petani diberikan Kartu Tani, tujuannya untuk mempermudah cara bertransaksi termasuk pencairan bantuan dari pemerintah dan kredit perbankan termasuk mencari pupuk melalui koperasi atau melalui kelompok tani.

Diharapkan dengan kartu tani ini, para petani bisa mengakses terkait persoalan pertanian mulai pembibitan sampai panen.

Namun karena ini merupakan hal yang baru, maka perlu pendampingan, pemantauan, dan evaluasi secara berkesinambungan, baik keuntungan dan kerugian pemakaian kartu ini. Lebih lanjut, para penerima kartu tani mengucapkan terima kasih karena para petani sudah terbantu dengan kartu tani ini.

Para petani berharap kartu ini bisa memperlancar usaha taninya mulai dari pembibitan sampai pasca panen termasuk penjualan dan pemasarannya di lapangan.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman menyampaikan selamat telah menerima kartu tani ini. Semoga bermanfaat dan menambah semangat baru dalam bertani sehingga produksi pertaniannya dapat meningkat. (MC.Sleman/Nana/KIM.Ngaglik/Suripto/toeb)