Buton Utara, Infopublik - Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Buton Utara (Hipma Butur) Makassar telah mengadakan pelatihan kader kepemimpinan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 7-8 Oktober 2017 di Villa Wisata Tanju.

Rival Rynaldi selaku ketua penyelenggara mengatakan kegiatan ini merupakan rutinitas program setiap tahun periode kepengurusan untuk melakukan pengkaderan terutama bagi mahasiswa baru.

Selanjutnya kata mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia ini, disamping sebagai program rutin juga untuk menanamkan jiwa keorganisasian dan kepemimpinan agar roda organisasi bisa berjalan dengan baik.

"Kami harapkan setelah mengikuti pelatihan ini sudah bisa berorganisasi, sudah menjadi kader dan bisa berperan dalam organisasi,” ungkapnya saat dihubungi via telpon seluler.

Kegiatan ini bertemakan progresifitas lembaga dalam meningkatkan kualitas kader dengan leadership yang kreatif, solutif dan dinamis mampu menghadirkan kualitas kader yang tangguh dalam berorganisasi.

Sebagai organisasi pengkaderan dan pemersatu juga menjadi ajang silaturahmi bagi mahasiswa lain terutama mahasiswa asal Buton Utara diperantauan, organisasi ini bisa diharapkan untuk membangun intelektualitas dan kreatifitas juga bisa mengubah diri menjadi berjiwa leadership dan bertanggung jawab.

Sementara Muhamad Sandi Ade Mahendra, Ketua Umum Hipma Butur Makassar yang juga dihubungi melalui telepon seluler mengungkapkan bahwa pelatihan ini semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas anggota menjadi kader yang bertanggungjawab terhadap organisasi terutama bagi mahasiswa baru.

Menurut Hendra sapaan akrabnya mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dengan dilandasi salah satu fungsi mahasiswa yaitu sebagai “agent of change”, sehingga kita tanamkan jiwa mahasiswa yang kritis, inovatif, konstruktif dan solutif bagi masyarakat.

"Dengan kita melatih seperti ini kita bisa membangun organisasi kita, bisa mempersatukan dalam bersilaturahmi, dan juga sama dengan membangun daerah kita sendiri,” pungkasnya.

Materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan kepemimpinan ini terdiri dari kemahasiswaan, metode persidangan, keorganisasian, kerangka berpikir ilmiah, selayang pandang organisasi, dan sejarah Buton Utara.

Kegiatan diikuti oleh 25 peserta, rata-rata semuanya adalah mahasiswa yang baru masuk perguruan tinggi di Makassar. (MC Buton Utara/Rajab)