Kemensos Serahkan Bantuan KUBE Senilai Rp1,7 Miliar di Bone Bolango

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 10 Oktober 2017 | 05:45 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 723


Bone Bolango, Infopublik – Kementerian Sosial RI melalui Direktur Penanganan Fakir Miskin Pedesaan, Naziarto menyerahkan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebesar Rp1,7 miliar untuk Kabupaten Bone Bolango.

Bantuan KUBE tersebut diserahkan kepada 60 KUBE Program Keluarga Harapan (PKH) dan KUBE reguler 25 kelompok hasil verifikasi tahun 2016, disela kegiatan bimbingan teknis bagi penerima bantuan KUBE PKH dan KUBE Reguler tahun 2017, di Gedung Koperasi Kartini Kabila, Senin (9/10).

Direktur Penanganan Fakir Miskin Pedesaan, Naziarto dalam sambutannya berharap bantuan KUBE ini harus digunakan semaksimal mungkin. Karena menurutnya, ini menjadi embrio bagi para penerima untuk menjadi pengusaha-pengusaha yang handal di kemudian hari.

Naziarto menjelaskan kenapa bantuan KUBE ini diberikan secara kelompok, karena dengan cara kelompok seperti ini, mereka para penerima bisa membangun usahanya secara sinergis dengan kelompok-kelompok yang lain. Dengan demikian diharapkan usaha mereka ini menjadi besar.

“Kalau bantuan ini diberikan hanya perorang, mereka pasti susah untuk maju tapi dengan kelompok, Insya Allah mereka lebih maju dengan cepat,” jelas Naziarto.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango, Meri S Ngadju menjelaskan pelaksanaan bimtek bagi penerima KUBE tahun 2017 tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan berpikir para anggota kelompok karena mereka dituntut untuk memiliki kemampuan manajeral dalam mengelola usaha yang sedang dijalankan.

Selain itu, berupaya menggali dan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di lingkungan untuk keberhasilan kelompoknya, dan untuk meningkatnya kesejahteraan ekonomi melalui terwujudnya penghidupan yang berkelanjutan dan juga meningkatkan keberfungsian sosial para anggota kelompok.

Pantauan di lokasi kegiatan bimbingan teknis bagi penerima bantuan KUBE PKH dan KUBE Reguler tahun 2017 dan penyerahan secara simbolis bantuan KUBE tersebut, turut duhadiri Ketua DPRD Bone Bolango Faisal Mohie, Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, dan Plt Kasubdit Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Kemensos RI, Carles Purnama. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)