Sumbawa Besar, InfoPublik – Walaupun Festival Pesona Moyo 2017 hari ini ditutup secara resmi, pada kesempatan ini kami juga laporkan bahwa geliat festival akan terus bergelora sampai dengan desember 2017 mendatang.

Beberapa kecamatan dengan nuansa budaya dan atraksi masing-masing menggelar berbagai festival yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya menggeliatkan pesona sumbawa sebagai modal berkembangnya industri pariwisata di Kabupaten Sumbawa.

Demikian sepenggal kalimat, dalam Laporan Ketua Umum Drs. H. Rasyidi di Arena Barapan Kebo Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu, Minggu (8/10) pada Acara Penutupan Festival Pesona Moyo 2017.

Sekda Rasyidi menyampaikan bahwa adapun event budaya yang menjadi kelanjutan sebagai post event Festival Pesona Moyo 2017 yaitu pada bulan Oktober 2017 Festival Pesona Raja Kepe di Kecamatan Empang, Festival Sarembang Desa di Kecamatan Lopok dan Festival Pesona Gerbang Barat 2017 di Kecamatan Alas Barat.

Kemudian Festival Pesona Agal di Kecamatan Alas di akhir Oktober sampai awal bulan November 2017, dan di akhir bulan November dapat menyaksikan Festival Kampung Syahdu di Kecamatan Lantung. Serta, di bulan Desember 2017 sensasi Festival Gili Dewa di Kecamatan Tarano.

Sekda menyampaikan bahwa Festival Pesona Moyo 2017 telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, investasi, promosi pariwisata dan daya kreatif masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

Sekda berharap agar dampak-dampak positif ini, yang secara linear mampu menumbuhkan kreativitas ekonomi masyarakat dan meningkatkan pemberdayaan masyakarat sumbawa di sektor pariwisata akan terus mengalami pertumbuhan karena masih ada beberapa event festival yang akan berlangsung sampai akhir Desember 2017 di kecamatan-kecamatan sebagaimana yang disampaikan terdahulu sehingga tema yang diusung tahun ini yaitu Pengembangan Pariwisata, Ekonomi Kreatif Dan Investasi” dapat terwujud.

“Semoga Festival Pesona Moyo sebagai agenda pariwisata tahunan Kabupaten Sumbawa akan semakin menemukan momentumnya menuju major event promosi pariwisata terintegrasi yang selalu kita banggakan dan nantikan baik oleh kita masyarakat Kabupaten Sumbawa maupun oleh masyarakat pariwisata lainnya yang ada di Indonesia dan mancanegara,” pungkas Haji Idi sapaan keseharian Sekda Sumbawa. (ra/mckabsumbawa/Kus)