Pemkot Tidore Kepulauan Berupaya Sediakan Infrastruktur Transortasi laut

:


Oleh mctidore, Senin, 9 Oktober 2017 | 09:06 WIB - Redaktur: Tobari - 286


Tidore, InfoPublik – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berupaya menyediakan infrastruktur transportasi laut yang memiliki peran penting untuk mendorong percepatan mobilitas masyarakat, barang dan jasa antar pulau, dalam menangkap peluang dan tantangan strategis visi negara maritim pemerintahan Jokowi-JK.

Demikian sambutan Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Thamrin Fabanyo, pada Penjemputan KM. Sinabung di Pelabuhan Trikora Goto, Minggu (8/10).

Dikatakan, hadirnya KM. Sinabung,  menjadi bukti akan komitmen dan tanggung jawab Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dalam rangka mengemban salah satu misi Pemerintahan Jokowi-JK untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.

Momentum ini meneguhkan identitas maritim kota ini sekaligus mendukung visi kelautan negara sebagai poros maritim dunia melalui implementasi visi pemerintah daerah yakni, “Terwujudnya Kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai kota jasa berbasis Agro-Marine”.

Salah satu pilar dalam rangka mewujudkan visi tersebut adalah dengan memprioritaskan pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, dengan membangun tol laut, pelabuhan laut dalam, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim.

Walikota berharap semoga program ini mampu menjadi daya dorong bagi tumbuhnya perekonomian secara signifikan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

“Semoga kehadiran KM. Sinabung, makin mendorong percepatan mobilitas masyarakat, barang dan jasa antar pulau, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Nahkoda KM. Sinabung, Capt. Marlioes Bahar mengatakan kehadiran KM. Sinabung merupakan salah satu penunjang program pemerintah dalam rangka peningkatan poros maritim. Dimana salah satu semboyan Pelni adalah “merangkai pulau mewujudkan wawasan nusantara”.

Dikatakan, salah satu wujud program Jokowi-JK adalah bagaimana perekonomian ekonomi daerah dapat merata, ini salah satu bukti dengan masuknya KM. Sinabung dengan panjang lebih dari 120 meter ke Tidore merupakan jawaban pemerataan program pemerintahan Jokowi-JK.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Thamrin Fabanyo bersama Nahkoda KM. Sinabung Capt. Marlioes Bahar, melakukan peninjauan di setiap ruang KM. Sinabung.

Sandar perdana KM. Sinabung ini selanjutnya berlayar menuju ke Bacan, Halmahera Selatan dan selanjutnya ke Irian Barat. Sebanyak 46 orang penumpang dari Tidore yang menggunakan jasa KM. Sinabung dalam pelayaran perdana ini. (MC Tidore/toeb)