Pramuka Wadah Kembangkan Pendidikan Karakter

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Rabu, 11 Oktober 2017 | 13:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 248


Gorontalo, InfoPublik – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah menyatakan, kegiatan kepramukaan dapat menciptakan peserta didiknya yang berkarakter.

Karakter terbentuk tidak saja diperoleh dari teknik kepramukaan (tekpram), akan tetapi juga melalui kemampuan, keterampilan dan pengelolaan organisasi. Demikian penegasan itu disampaikan Istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam  kegiatan Pendidikan Karakter Kepramukaan di MTs Negeri Kota Gorontalo, Sabtu (7/10).

“Banyak pendidikan karakter yang bisa diperoleh pada kegiatan kepramukaan yang semuanya tercakup dalam Dasa Dharma. Sahabat yang baik itu Pramuka sebab tidak ada anak pramuka yang melakukan demo, tawuran dan  anggota pramuka tidak ada yang melakukan tindakan-tindakan yang bertantangan dengan Pancasila,” tutur Idah.

Pendidikan karakter kata Idah tidak cukup hanya dihafal. Lebih daripada itu kesepuluh isi Dasa Dharma harus sering dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari untuk membentuk karakter setiap anggota Pramuka.

“Kalian sebagai anak-anak penerus cita-cita bangsa yang akan mengambil alih kepemimpinan dimasa depan jika memiliki pendidikan karakter yang baik akan tumbuh dihati kalian jiwa yang bertanggung jawab, peduli terhadap masyarakat , toleran sesama serta bisa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Melalui kegiatan pendidikan karakter kepramukaan ini pula Idah berharap kepada seluruh generasi muda khususnya siswa MTS Negeri Kota Gorontalo agar apa yang diperoleh selama kegiatan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi pegangan hidup  mereka dimasa yang akan datang sehingga menjadi orang-orang yang tangguh serta bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. (mcprovgorontalo/humas/burhan/eyv)