Kemenpan RB Siapkan Rekruitmen CPNS Daerah

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 6 Oktober 2017 | 16:21 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 789


Surabaya, InfoPublik - Sejak Agustus 2017, Kementerarian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah memulai rekruitmen CPNS (calon pegawai negeri sipil) untuk Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung. Memasuki bulan September dibuka kembali rekruitmen tahap II untuk Kementerian dan lembaga negara tingkat pusat.

Dalam waktu dekat ini, Kemenpan RB akan kembali membuka rekruitmen untuk pemerintah daerah (pemda) SE-Indonesia. "Pusat sudah mulai dilakukan. Kemarin sudah tes untuk Kemenkum HAM dan untuk daerah segera akan kita lakukan," kata Menteri PAN RB Aman Abnur saat ditemui di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (6/10).

Saat ditanya kapan rekruitmen untuk CPNS daerah, Menpan menegaskan saat ini masih dalam proses pendataan kebutuhan jumlah pegawai. "Kalau datanya lengkap kita lakukan segera," tuturnya.

Menurut dia, perekrutan aparatur sipil negara (ASN) saat ini menjadi kebutuhan. Pasalnya, tiap tahun jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun mencapai 100 ribu orang.

"Tiap tahun 100 ribu lebih yang pensiun. Jadi perekrutan akan dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan. Kami masih mendatanya dan segera akan kami lakukan (perekrutan CPNS)," katanya.

Untuk rekruitmen CPNS tahap II melingkupi 60 Kementerian/Lembaga dan 1 Pemerintah Daerah yakni Pemprov Kalimantan Utara. Untuk jumlah kuota formasi yang tersedia bagi pendaftar serta persyaratan dapat mengakses melalui sscn.bkn.go.id pada navigasi pengumuman.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan menyampaikan bahwa sama halnya dengan penerimaan CPNS periode pertama, setiap pelamar hanya dapat memilih satu instansi yang dituju. Ia menjelaskan, bagi pelamar CPNS periode pertama yang tidak lolos seleksi administrasi dapat mengikuti kembali pendaftaran CPNS pada periode kedua.

Ridwan juga mengingatkan kembali agar pelamar mengakses informasi penerimaan dan pendaftaran CPNS hanya melalui media informasi resmi pemerintah. Seluruh proses rekrutmen CPNS tidak dipungut biaya sedikit pun dan berjalan terbuka sehingga berkompetisilah secara fair. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr)