Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, KPU Siapkan Strategi

:


Oleh Eko Budiono, Jumat, 6 Oktober 2017 | 09:46 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta,InfoPublik- Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menyiapkan strategi baru untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

"Di KPU selalu ada hal yang baru. Ada ide-ide kreatif untuk memperbaiki kualitas pemilu kita, termasuk dalam peningkatan partisipasi masyarakat. Jadi kita selalu berupaya membuat catatan yang lebih baik untuk dikenang oleh generasi mendatang," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/10).

Menurut Arief,  pihaknya menggunakan  strategi sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga.

“Penting bagi semua penyelenggara untuk meninggalkan warisan yang baik di KPU. Salah satunya dengan mengenalkan pemilu dengan baik dan menyenangkan kepada masyarakat,” ungkapnya.. 

Sedangkan Ketua Komisi 2 DPR RI Zainudin Amali menilai,  kreativitas KPU dituntut untuk menggugah masyarakat agar berpartisipasi dalam pemilu.

 "Selama ini masyarakat merasa tidak punya kepentingan dengan pemilu. Bagi masyarakat, pemilu adalah sesuatu yang rumit dan membebani. Ini yang harus diubah agar mereka mengikuti pemilu dengan senang dan gembira," ujarnya.

Zainudin menegaskan, KPU perlu merancang kerja sama dengan semua pemangku kepentingan  pemilu dalam kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Salah satunya dengan media massa untuk kebutuhan pembentukan opini publik.

"Komunikasi dengan media harus disiapkan betul agar kesan pemilu yang muncul di benak masyarakat adalah sesuatu yang enak dan enjoy. Akhir-akhir ini yang muncul di media justeru kerumitan dalam pemberian dan penghitungan suara di TPS. Ini dapat membuat mereka malas datang ke TPS," katanya.

Dia menyarankan, agar sosialisasi dan pendidikan pemilih efektif, KPU sebaiknya fokus pada hal-hal baru dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

 "Pastikan masyarakat memahami secara utuh bagaimana pemilu serentak itu dilaksanakan," tambahnya.