Blok III PLTGU Grati Ditarget Beroperasi Tahun Depan

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 5 Oktober 2017 | 15:21 WIB - Redaktur: Tobari - 808


Surabaya, InfoPublik - Pembangunan Blok III Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Grati Kabupaten Pasuruan, ditargetkan beroperasi tahun depan, sementara progress pembangunan per Agustus 2017 telah mencapai 81,77%.

Manajer Unit Pelaksana Proyek (MUPP) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) II PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur Rusmanto dikofirmasi Kamis (5/10), mengatakan, saat ini PLTGU Grati memiliki dua blok eksisting yaitu blok I dengan kapasitas 460 megawatt dan blok II sebesar 300 megawatt.

Dengan beroperasinya blok III otomatis  kapasitas PLTGU Grati akan bertambah sebesar 450 megawatt. Selain itu, blok II pun akan diekspansi dengan penambahan combine cycle sehingga kapasitasnya akan menjadi 450 megawatt dari saat ini 300 megawatt.

"Proyek PLTGU Grati sudah ditandatangani sejak 19 Juni 2015 dan efektif setahun kemudian. Kami harapkan proyek ini bisa COD pada 2018. Untuk progres proyeknya sudah 81,77% dan proses konstruksinya 46%," tuturnya.  

PLTGU Grati adalah salah satu proyek yang dicanangkan pemerintah sebagai bagian dari program 35.000 megawatt. Komplek pembangkit tersebut berada sekitar 82 kilometer dari Surabaya. Selain memasok ke konsumen, PLTU Grati saat ini juga memasok daya listrik ke sejumlah kawasan industri di Jawa Timur.

PLTGU Grati diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.saat ini, selain memasok kebutuhan untuk Jawa Timur seperti kawasan industri PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang), pembangkit-pembangkit Jatim juga mengirimkan dayanya ke Provinsi Jawa Tengah dan Bali. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)