Bupati Sidoarjo Terpilih Jadi Presiden Citynet Periode 2017-2021

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Kamis, 5 Oktober 2017 | 08:49 WIB - Redaktur: Tobari - 569


Sidoarjo, InfoPublik – Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum terpilih menjadi Presiden Citynet periode 2017 – 2021, melalui Kongres Citynet Indonesia dan sharing best practice, yang berlangsung di hotel Novotel, Balikpapan,  dari 2-4 Oktober 2017.

Salah satu agenda kongres yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, dilanjutkan dengan penyusunan pengurus citynet chapter indonesia periode 2017-2021. Saiful Ilah pun didaulat jadi Presiden. Sementara Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mendampingi Bupati Sidoarjo, sebagai wakil presiden.

Abah Saiful sapaan akrab Bupati Sidoarjo mengatakan, pelaksanaan pemilihan presiden citynet ditetapkan dua calon, Bupati Sidoarjo dan Walikota Banjarbaru disepakati oleh peserta. 

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah terpilih menjadi presiden citynet periode 2017-2021, dan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani sebagai wakil presiden Citynet. Adapun hal yang dikerjasamakan antarkota itu, adalah segala hal yang menjadikan hidup di kota-kota tersebut menjadi lebih nyaman.

Bentuk-bentuk kerja sama tersebut antara lain pelatihan staf pemerintahan di bidang transportasi, pendidikan, dan kesehatan ke kota-kota yang jauh lebih maju seperti Seoul, dan Yokohama, yang adalah anggota jaringan Citynet Asia Pasifik. "Juga terbuka banyak peluang kerja sama antarkota Citynet," kata Saiful Ilah. 

Deputi Sekjen Citynet Asia Pasifik Dr. Ir. Aisa Tobing, M.Sc, MCP, saat membuka kongres mengatakan, citynet Indonesia merupakan wahana kegiatan berjejaring antara anggota dan stakeholder untuk bertukar pengalaman keberhasilan (best practices) masing-masing daerah. 

“Tujuannya memberi penguatan kepada daerah dalam peningkatan kapasitas pembangunan berkelanjutan, berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan rakyat,” kata Aisa, yang juga Staf Ahli Gubernur DKI Jakarta.

Dalam kongres yang dihadiri sejumlah walikota dan bupati se-Indonesia tersebut, dilaksanakan pemilihan pengurus Citynet Indonesia periode 2017/2021 yang di dalamnya Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE. Ak terpilih menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Citynet Indonesia. 

"Kami berharap kepengurusan baru ini bisa membawa Citynet Indonesia dalam kerja sama yang lebih maju lagi," kata Deputi Sekjen Citynet Asia Pasifik Dr. Ir. Aisa Tobing, M.Sc, MCP.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan sharing pengalaman dari Bupati Sidoarjo, tentang dukungan DPRD kepada eksekutif untuk penganggaran kegiatan citynet. 

Citynet chapter Indonesia. Anggota citynet chapter Indonesia sebanyak 23 anggota, salah satunya Kabupaten Sidoarjo. 

Citynet adalah organisasi jaringan regional asia pasifik yang berdiri tahun 1987, yang berjumlah lebih dari 130 anggota, terdiri dari pemerintah level kota dan kabupaten dari 20 negara, NGO, dan otoritas pembangunan. 

Organisasi ini mengkhususkan dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan (SDG'S). Program Citynet berfokus pada bidang perubahan iklim, pengurangan risiko bencana dan pembangunan infrastruktur melalui kerjasama antar kota," terang Abah Saiful. 

Citynet mempromosikan pertukaran pengetahuan, keterampilan dan teknik melalui empat area program utama: program pelatihan, seminar dan forum, layanan konsultasi teknis (TAS), dan kerjasama teknis antar kota di negara-negara berkembang (TCDC). (ir/kominfo/toeb)